e-Life

Angpao Lebaran Bisa Jadi Alat Ajari Bocil tentang Uang

dtv - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 07:55 WIB
Jakarta -

Saat hari Lebaran, biasanya terdapat tradisi bagi-bagi uang tunjangan hari raya (THR) atau angpao untuk anak-anak kecil. Uang yang diberikan berkisar mulai recehan hingga uang yang nominalnya cukup besar.

Namun kebanyakan orang tua di luar sana mungkin masih belum cukup paham bagaimana cara mengajarkan konsep uang kepada anak mereka yang masih kecil. Menurut Dr Seto Mulyadi, SPsi, MSi, atau dikenal dengan Kak Seto, Jumat (14/5/21), hal pertama yang perlu diajarkan kepada anak adalah dengan mengenalkan angka-angka dan kemampuan berhitung.

"Sebetulnya pertama-tama yang harus kita perkenalkan kepada anak-anak kemampuan menghitung," kata Kak Seto dalam program e-Life.

Setelah itu, kemudian kemampuan berhitung anak dikaitkan dengan hak dan kewajiban yang harus mereka jalankan. Misalnya, memberikan hadiah atau reward kepada anak setelah mereka mengerjakan sesuatu. Dengan begitu, anak secara tidak langsung telah menjalankan hak dan kewajibannya.

"Jadi hak itu bisa mendapatkan, kewajiban itu memberikan. Untuk mendapatkan sesuatu, sebagai bagian dari haknya, dia juga harus mempunyai kewajiban terlebih dahulu untuk memberikan sesuatu," jelas Kak Seto.

Mengapa mengajarkan pengelolaan uang kepada anak sejak kecil dianggap penting? Hal tersebut berguna dalam pengelolaan emosi anak itu sendiri, yang nantinya dapat memudahkan anak dalam kehidupan nyata. Termasuk kebiasaan anak untuk menabung agar tidak menggunakan uang sesuai keinginannya saja. "Ya, konsep awal yang pertama tentu konsep menabung pada anak-anak, termasuk menahan diri untuk tidak sewenang-wenang menggunakan uang sebagai haknya atau miliknya untuk membeli keinginannya saja," ujar Kak Seto.

Usia yang cocok untuk anak mulai diajari tentang konsep uang ialah sejak usia 3 tahun. "Pada usia 3 tahun, itu sudah bisa dimulai," jelas Kak Seto.

Mengenalkan konsep uang pada anak tentunya berguna dalam kehidupan nyata anak itu sendiri melalui pengenalan uang, berhitung, dan menabung.

(gah/gah)