Polres Sumbawa Gencar Awasi Prokes Obyek Wisata Selama Libur Lebaran

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 18:55 WIB
Polres Sumbawa Awasi Prokes Obyek Wisata Selama Libur Lebaran
Foto: Dok. Polda NTB
Jakarta -

Kepolisian dari Polres Sumbawa beserta jajarannya meningkatkan pengawasan dan penyekatan terhadap aktivitas masyarakat di masa libur Idul Fitri 1442 H. Hal tersebut ditunjukan melalui kegiatan penjagaan dan patroli ke setiap obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra melalui Kasubbag Humas Polres Sumbawa AKP Sumardi menyampaikan hal itu dilakukan dalam rangka menyukseskan program Kampung Sehat 2 NTB gagasan Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, sekaligus untuk menekan lonjakan kasus positif COVID-19 usai Lebaran.

"Ini dilakukan guna mengantisipasi masyarakat yang akan mendatangi obyek-obyek wisata selama libur Lebaran di tengah pandemi COVID-19, petugas akan melakukan pengawasan ketat kepada setiap pengunjung yang mendatangi obyek wisata dalam mencegah penyebaran virus Corona," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (14/5/2021).

Polres Sumbawa Awasi Prokes Obyek Wisata Selama Libur LebaranPolres Sumbawa Awasi Prokes Obyek Wisata Selama Libur Lebaran Foto: Dok. Polda NTB

Selain pengawasan prokes, kata Sumardi, patroli tersebut juga bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif bagi masyarakat yang sedang berlibur.

"Pemerintah sebelumnya juga sudah menghimbau masyarakat untuk tidak mengunjungi tempat wisata selama libur lebaran, namun hal tersebut tidak bisa dihindarkan, antusias masyarakat sangat tinggi, untuk itu kami hadir untuk menghimbau penerapan protokol kesehatan 5M," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sumardi mengatakan dalam kegiatan apel siaga pagi tadi, Kapolres Sumbawa menekankan kepada jajarannya agar menghimbau kepada pengelola tempat wisata untuk mencegah dan tidak boleh adanya kerumunan dengan cara membatasi jumlah pengunjung.

"Atensi Kapolres Sumbawa, bahwa tidak boleh ada kerumunan di tempat wisata," pungkasnya.

Polda NTBFoto: Polda NTB
(akd/ega)