Menlu Retno Akan Hadiri Pertemuan Darurat OKI soal Israel Vs Palestina

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 16:43 WIB
Menlu Retno Marsudi memberi pernyataan pers awal tahun di depan para duta besar, diplomat dan undangan di Gedung Kemlu, Jakarta, Selasa (9/1/2018).
Menlu RI Retno Marsudi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Agresi Israel terhadap Palestina menewaskan ratusan orang dalam sepekan terakhir. Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Organisation of Islamic Cooperation (OIC) segera menggelar pertemuan darurat. Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi bakal hadir.

"Saya akan hadir dalam pertemuan virtual Tingkat Menlu Open-Ended Emergency Meeting OIC Executive Committee pada hari Minggu, 16 Mei 2021, yang akan membahas agresi Israel terhadap Palestina," kata Menlu Retno lewat akun Twitter resmi @Menlu_RI, Jumat (14/5/2021).

Lewat forum OKI, Indonesia akan mengusahakan penghentian kekerasan terhadap Palestina secara maksimal. Tak hanya lewat OKI, Indonesia juga terus berusaha lewat forum lain yakni CEIRPP (Komite Pelaksanaan Hak-hak yang Tidak Dapat Dicabut dari Rakyat Palestina), GNB (Gerakan Non-Blok), dan Dewan Keamanan PBB.

"Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya," kata Retno.

Kabar terkini, dilansir Aljazeera, sudah 113 warga Palestina di Gaza yang meninggal dunia akibat serangan Israel ke Palestina. Selain itu, lebih dari 580 warga Palestina terluka di momen Idul Fitri ini.

"Indonesia mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan lebih dari 100 korban jiwa warga sipil Palestina yang tidak berdosa," kata Retno.

Selanjutnya, latar belakang meletusnya konflik terbaru:

Selanjutnya
Halaman
1 2