Begini Suasana di Stasiun Manggarai Usai Ditegur Menhub

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 16:21 WIB
Suasana di Stasiun Manggarai usai ditegur Menhub
Suasana di Stasiun Manggarai setelah ditegur Menhub (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, sore ini masih ramai oleh calon penumpang KRL. Penumpukan jumlah calon penumpang terlihat saat antre naik ke gerbong kereta.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 15.30, Jumat (14/5/2021), sebelum memasuki stasiun, penumpang dicek suhu terlebih dahulu oleh petugas. Di area pintu masuk pun tidak terlihat ada antrean.

Antrean penumpang tampak di jalur 5 dan jalur 6 Stasiun Manggarai. Banyak mengantre dan menunggu kereta datang. Jalur 5 sendiri mengarah ke Tanah Abang dan Jatinegara, sedangkan jalur 6 mengarah ke Bekasi.

Di jalur 1, 2, dan 3 yang mengarah ke Stasiun Jakarta Kota justru tampak sepi dan tidak ada antrean. Bahkan kereta yang tiba di Stasiun Manggarai yang mengarah ke Jakarta Kota terlihat lengang. Berbeda dengan kereta yang mengarah ke Tanah Abang ataupun Jatinegara.

Di area tunggu, tampak semua penumpang menggunakan masker. Di tempat duduk keberangkatan pun para penumpang mengindahkan protokol kesehatan (prokes) dengan menjaga jarak satu sama lain.

Kerumunan hanya terjadi saat kedatangan dan keberangkatan kereta di jalur 5 dan jalur 6. Para penumpang terlihat berebut untuk masuk terlebih dahulu.

Suasana di Stasiun Manggarai usai ditegur MenhubSuasana di Stasiun Manggarai setelah ditegur Menhub (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Para petugas keamanan tampak berjaga di setiap jalur. Terdengar juga peringatan melalui pengeras suara oleh petugas agar penumpang selalu menjaga prokes.

"Diberitahukan kepada seluruh penumpang agar selalu menjaga jarak satu sama lain, dan tidak melepas masker atau menurunkan masker saat menunggu atau di dalam kereta," ujar petugas lewat pengeras suara.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegur PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) karena melihat adanya penumpukan calon penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dia meminta agar kasus ini tidak terulang.

"Saya melihat bahwa pengelolaan dari KCI tidak profesional ya. Saya bertanya dengan beberapa penumpang berdesak-desakan, kita lihat tadi lebih dari 70 orang dan tidak ada yang menjaga," kata Budi Karya dalam jumpa pers seusai peninjauan, Jumat (14/5/2021).

Menhub Budi Karya mengatakan Stasiun Manggarai adalah tempat perjumpaan kereta api yang terpadat. Catatan yang dia terima, dalam tiga dan empat hari terakhir ada lebih dari 200 ribu pergerakan di stasiun ini. Dia mengatakan Sabtu dan Minggu besok kemungkinan jadi puncaknya, bisa naik hingga 300-400 ribu orang.

(aud/aud)