Anies-Zulkifli Hasan Bertemu, PKS: Kunci Pilpres 2024 Ada di Parpol

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 13:33 WIB
Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/11/2020).
Mardani Ali Sera (Foto: detikcom)
Jakarta -

Pertemuan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan ditanggapi PKS sebagai salah satu pengusung DKI-1 itu. PKS berbicara soal Pilpres 2024.

"Pertama, bagus silaturahmi antarelite. Kita perlu membangun suasana teduh. Kompetisi politik berlangsung dalam suasana guyub," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Jumat (14/5/2021).

PKS, kata Mardani, sudah memberi contoh saat Ramadhan lalu dengan mengunjungi sejumlah partai politik. PKS menegaskan Pilpres 2024 masih cair.

"Kedua, terkait 2024, semua masih cair dan syarat 20% kursi DPR menjadi game changer. Mesti didukung partai atau gabungan partai dengan kursi minimal 20%," ujar Mardani.

Anies Baswedan Berkunjung ke Kediaman ZulhasAnies Baswedan berkunjung ke kediaman Zulhas. (Foto: Dok. Istimewa)

Anggota DPR itu menegaskan kunci seseorang bisa maju Pilpres 2024 ada di tangan partai politik. Untuk diketahui, Anies Baswedan bukanlah kader partai politik mana pun.

"Kuncinya memang ada di parpol. Wajar jika para tokoh nonparpol membangun komunikasi dan parpol. Ketiga, PKS tetap akan berusaha memajukan calon dari kader untuk 2024, sesuai amanat Munas 2020," kata Mardani.

Dalam keterangan yang diterima, Anies dan Zulhas disebut membicarakan isu-isu nasional yang akhir-akhir ini sedang terjadi. Tak hanya membahas isu nasional, Zulhas mengaku sempat membahas pandemi Corona bersama Anies. Meski demikian, Zulhas memastikan pembicaraan belum mengarah pada Pilpres 2024.

"Masih jauhlah itu (Pilpres 2024), belum ke sana," ujarnya.

Simak Video: Momen Pertemuan Anies dan Zulkifli Hasan, Apa yang Dibahas?

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)