Sempat Tertimbun Longsor, Jalan di Simalungun Sumut Sudah Bisa Dilalui

Datuk Haris - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 13:25 WIB
Sempat Tertimbun Longsor, Jalan di Simalungun Sumut Sudah Bisa Dilalui
Jalan di Simalungun Sumut (Foto: Dok Istimewa)
Simalungun -

Jalan di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) kembali normal. Jalanan tersebut sempat tertimbun material longsor usai hujan lebat.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo mengatakan petugas gabungan telah membersihkan material longsor berupa batu dan lumpur. Arus lalu lintas pun telah kembali normal.

"Bahwa arus lalu lintas dari arah Parapat menuju arah Siantar maupun sebaliknya dari arah Siantar menuju Parapat sudah kembali normal," sebut Agus Waluyo, Jumat (14/5/2021).

Agus mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap tertib dalam berlalu lintas. Dia meminta agar warga berhati-hati dalam berkendara.

Selain itu, Agus juga menuturkan akibat peristiwa tersebut, tidak ditemukan kerusakan parah di lokasi.

"Tidak ada kerusakan yang berarti," ujar Agus.

Sebelumnya, hujan lebat mengguyur kawasan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) pada Kamis (13/5). Akibatnya, banjir dan tanah longsor pun terjadi di sejumlah wilayah di kabupaten tersebut.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo mengatakan peristiwa itu terjadi karena hujan mengguyur kawasan setempat. Dia mencatat ada dua peristiwa, yakni longsor di Dusun Sualan, Desa Nagori Sibaganding, dan banjir di ruas Jalan Sisingamangaraja, Kota Parapat.

"Kejadian tersebut berawal dari hujan lebat sejak pukul 13.30 WIB. Hujan cukup deras, kemudian ada dua lokasi di mana banjirnya (terjadi) di Parapat bawah (Jalan Sisingamangaraja). Kemudian yang longsornya yang di (Dusun Sualan)," ujar Agus Waluyo, Kamis (13/5).

(knv/knv)