2.460 Orang Kunjungi Ragunan Usai Dibuka Pagi Ini

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 10:51 WIB
Pengunjung Padati Ragunan Pagi Ini
Ragunan dibuka H+1 Lebaran (Foto: Azhar/detikcom)
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan mulai dibuka hari ini, di H+1 Lebaran 2021. Pagi ini, sebanyak 2.460 pengunjung sudah meramaikan tempat wisata yang ada di Jakarta Selatan ini.

"Data pukul 9 ya pagi ini, ada 2.460 pengunjung. Kemungkinan masih akan terus berjalan pengunjung masih banyak yang masuk nih ya," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan, Wahyudi Bambang, di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (14/5/2021).

Bambang mengatakan pengunjung akan dibatasi sebanyak 30 persen dari kapasitas biasanya yang sebanyak 100 ribu pengunjung. Hal itu guna menghindari adanya kerumunan. Pembatasan itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021.

"Batasan pengunjung adalah 30 persen ya sesuai surat edaran bapak Gubernur nomor 5 tahun 2021, 30 persen dari kondisi normal. Kondisi normal pengunjung di lebaran itu kisarannya 100 ribu, jadi kalau kita asumsikan 30 persen dari 100 ribu, jadi 30 ribu. Hari ini maksimal 30 ribu (pengunjung)," kata Bambang.

Pengunjung juga diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan agar tertib akan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, pengunjung yang boleh masuk hanya yang ber-KTP DKI Jakarta.

"Bahwa pengunjung wajib memenuhi prokes ya utama, memakai masker, menjaga jarak, lalu mencuci tangan, itu tiga hal penting. Kemarin pengunjung yang datang ke Ragunan adalah yang ber KTP DKI Jakarta," ujarnya.

Bambang mengungkapkan, Ragunan juga menyediakan fasilitas bus TransJakarta gratis bagi para pengunjung yang ingin langsung keluar area Ragunan. Hal ini ditujukan untuk menghindari adanya kepadatan para pengunjung.

"Ya ini sudah kami koordinasikan dengan busway membuat satu kerja sama yang baik agar mengurai kemacetan juga. Jadi dari ragunan ke SMK 57 itu digratiskan bagi pengunjung, nah baru dari SMK 57 ke sana baru ada tiketnya," katanya.

Sebagai informasi, Ragunan dibuka sampai 30 Mei 2021 dan beroperasional pada pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB. Namun, setiap hari Senin Ragunan akan ditutup.

Selanjutnya
Halaman
1 2