Hari Kedua Lebaran, Begini Suasana Ziarah di TPU Prumpung Jaktim

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 09:58 WIB
Suasana di TPU Prumpung di hari kedua Lebaran
Suasana di TPU Prumpung di hari kedua Lebaran (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Meski ada larangan ziarah di Jabodetabek pada 12-16 Mei 2021, masih ada saja peziarah yang mengunjungi TPU Prumpung, Jatinegara, Jakarta Timur. Pedagang makanan dan pedagang bunga juga masih menggelar lapaknya.

Pantauan detikcom di lokasi pada Jumat (14/5/2021) pukul 08.40 WIB, terlihat beberapa peziarah mengunjungi makam di TPU Prumpung. Mereka terlihat berkunjung bersama keluarganya dengan membawa bunga yang dibungkus kantong plastik di tangannya.

Ada juga anak-anak yang turut diajak berziarah oleh keluarganya ke sana. Mereka tampak menggunakan masker saat berziarah, tapi ada juga beberapa pengunjung yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Di dalam TPU Prumpung terlihat pedagang makanan dan pedagang bunga juga menggelar lapak untuk berjualan. Bahkan, pedagang bunga sudah terlihat banyak berjualan sejak di luar tempat pemakaman tersebut.

Akses masuk motor di pintu utama TPU Prumpung memang ditutup. Hanya pejalan kaki yang bisa masuk ke TPU tersebut. Mereka terlihat memarkirkan kendaraan di luar makam. Ada beberapa motor dan mobil yang terlihat diparkir di sana.

Warga sekitar yang ingin keluar lokasi pemakaman menggunakan motor lewat pintu utama juga terlihat memutarbalikkan kendaraannya. Mereka harus mencari pintu lain untuk keluar dari area TPU.

Di dalam TPU, tidak tampak petugas atau Satpol PP yang berjaga. Hanya terlihat orang yang sedang membersihkan makam di TPU tersebut.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kegiatan ziarah di TPU di Jabodetabek ditiadakan mulai 12 hingga 16 Mei mendatang. Hal ini untuk mengurangi mobilisasi warga lintas wilayah selama Lebaran. Namun kegiatan pemakaman tetap bisa dilakukan.

"Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai ditiadakan tanggal 12 Mei sampai dengan hari minggu 16 Mei, seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah, tetapi kegiatan untuk pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu, nanti diatur oleh dinas yang mengelola pemakaman," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (10/5).

Lihat juga Video: Warga Tetap Ziarah ke TPU Sirnaraga Bandung Meski Ditutup

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)