Round-Up

Polemik 75 Pegawai KPK Bikin Tagar #BeraniJujurPecat Mencuat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 07:37 WIB
Spanduk berani jujur hebat di gedung KPK lama (detikcom)
Foto: Spanduk berani jujur hebat di gedung KPK lama (detikcom)
Jakarta -

75 pegawai KPK dinyatakan resmi nonaktif lantaran tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Keputusan penoaktifan ini lantas memicu kekecewaan warganet dan membuat mereka memelesetkan slogan anti korupsi KPK #BeraniJujurHebat menjadi #BeraniJujurPecat.

Pelesetan slogan KPK menjadi #BeraniJujurPecat viral di Twitter dan menjadi trending. Dilihat detikcom, Rabu (12/5/2021) salah satu pelesetan #BeraniJujurPecat ini diunggah oleh pemilik akun @RommyRoosyana.

@RommyRoosyana mengunggah foto gedung KPK lama yang saat itu dihiasi bentang kain slogan @BeraniJujurHebat yang telah diedit menjadi #BeraniJujurPecat.

"Slogan baru Komisi Pemberantasan Korupsi sekarang, #BeraniJujurPecat!" tulis Rommy dalam caption unggahan foto tersebut.

Tak hanya itu, ada juga akun @Mdy_Asmara1701 yang memelesetkan slogan KPK jadi #BeraniJujurPecat dengan mengunggah foto penyidik senior KPK Novel Baswedan. Novel Baswedan termasuk pegawai KPK yang tak lolos dalam Tes Wawasan Kebangsaan kontroversial tersebut.

Kekecewaan tersebut disampaikan Novel lewat akun Twitternya, @nazaqistsha pada Rabu (13/5/2021).

"Potret Pemberantasan Korupsi negeri ini.. #BeraniJujurPecat," tulis Novel seperti dilihat detikcom, Kamis (14/5).

Slogan Anti Korupsi

Berdasarkan catatan pemberitaan detikcom, slogan 'Berani Jujur Hebat' dipakai sejak 2011. Slogan ini bahkan dipakai untuk tur kampanye antikorupsi di Hari Antikorupsi.

Kegiatan tur 'Berani Jujur Hebat' ini memiliki konsep melawan korupsi melalui seni dan budaya. Bandung menjadi salah satu kota gelaran ekspresi seni budaya antikorupsi ini pada 13 Desember 2011 di Gedung Indonesia Menggugat.

Bandung menjadi kota pertama yang dikunjungi dalam tur ini. Setelah itu berturut-turut Kota Cirebon, Brebes, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, dan Solo yang akan disambangi.

Acara ini dikemas apik agar pesan yang ingin disampaikan bisa dengan mudah diterima peserta (pelajar). Penyelenggara Tur 7 Kota ini, selain KPK, di antaranya ICW (Indonesia Corruption Watch), UNODC (United Nations Office on Drugs and Crime), Transparency International Indonesia (TII), dan organisasi lain.

Tujuan Tur Anti-Korupsi 7 Kota ini adalah menumbuhkan optimisme perjuangan melawan korupsi dan mendorong generasi muda untuk jujur dan mulai melawan korupsi. Kegiatan akan diisi dengan kegiatan diskusi, pemutaran film, brainstorming, visioning, dan music performance.

Simak juga video 'ICW Yakin Integritas Novel Cs Jauh Lampaui 5 Pimpinan KPK':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2