Round-Up

Yang Istimewa Kala Lebaran dan Kenaikan Isa Almasih Berbarengan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 20:02 WIB
Masjid Al-Hikmah dan GKJ Joyodiningratan di Jalan Gatot Subroto Solo
Masjid Al-Hikmah dan GKJ Joyodiningratan di Solo (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Tanggal 13 Mei 2021 menjadi istimewa. Di hari yang sama, Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih dirayakan bersamaan.

Momen langka ini banyak dibahas netizen di media sosial. Sejumlah pejabat tanah air juga bicara tentang betapa spesialnya hari ini. Mereka mengucapkan selamat Idul Fitri dan juga selamat Hari Kenaikan Isa Almasih.

"13 Mei tahun ini menjadi hari istimewa," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam rilisnya, Kamis (13/5/2021).

Baginya, hari istimewa ini menjadi momen merajut kebersamaan antara umat Islam dan umat Kristen serta Katolik. "Saat umat Islam merayakan Idul Fitri, umat Kristen dan Katolik memperingati Kenaikan Isa Almasih. Ini menjadi momen penting untuk terus merajut kebersamaan, rukun dan saling menghargai dalam perbedaan," sambungnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Orang nomor satu di Jawa Barat ini beranggapan, tahun 2021 ini merupakan tahun yang istimewa.

"Tahun 2021 ini adalah tahun yang istimewa. Hari Raya Idul Fitri berbarengan dengan Hari Raya Kenaikan Isa Almasih," tulis Ridwan Kamil dalam Instagram pribadinya @ridwankamil, Kamis (13/5/2021).

"Kepada Umat Islam, selamat Idul Fitri 1442 H, 13 Mei 2021. Saya menghaturkan Mohon maaf lahir dan batin. Kepada Umat Kristiani, selamat Hari Kenaikan Isa Almasih, 13 Mei 2021. Semoga kita semua Damai Sejahtera," tambah Kang Emil sapaan karibnya.

Tak hanya istimewa, momen ini juga dianggap sebagai berkah oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Simak penuturannya di halaman berikutnya.

Simak juga 'Lebaran-Kenaikan Isa Bareng, Masjid-Gereja di Solo bikin Kesepakatan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2