Cerita Peziarah Dilema Kunjungi Makam Orang Tua di TPU Tegal Alur

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 19:18 WIB
TPU Tegal Alur Jakbar Ramai Peziarah Sore Ini (Foto: Luqman/detikcom)
TPU Tegal Alur Jakbar Ramai Peziarah Sore Ini (Luqman/detikcom)
Jakarta -

TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, dipadati peziarah sore ini di tengah larangan ziarah di Jabodetabek. Beragam alasan diungkapkan para peziarah rela nekat berbondong-bondong ke TPU, dari pengganti mudik hingga alasan berbakti pada orang tua.

Salah satu perziarah asal Teluk Gong, Jakarta Utara, bernama Maskur (45), mengatakan tetap datang berziarah karena sudah rutinitas saat Lebaran. Dia juga ingin menunjukkan bakti kepada orang tuanya yang telah tiada.

"Lebaran ini, (ziarah) inilah rutinitas umat muslim, yang namanya kita ziarah kubur orang tua mungkin satu keharusan ya di tengah pandemi COVID-19 ini ya. Gimana lagi ya, namanya berbakti orang tua ya menziarahi kuburnya," kata Maskur saat ditemui di TPU Tegal Alur, Jakarta Utara, Kamis (13/5/2021).

Maskur mengungkap sebetulnya ada dilema mendatangi makam orang tua di tengah pandemi. Namun dia berkeyakinan tidak masalah berziarah asal tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Iya sudah tahu tapi kondisi kayak begini mau bagaimana lagi susah juga satu sisi dilema nggak bisa mudik dengan kondisi orang tua di sini namanya anak, bakti orang tua ya ziarah kubur walaupun dilarang ya mau nggak mau harus datang," ujar Maskur.

"Kita kan nggak berkerumun, pakai masker, intinya begitu," tambahnya.

Maskur mengatakan awalnya memang mendapat kabar adanya penjagaan di TPU Tegal Alur. Namun, ia mendapat kabar ada pelonggaran di sore hari sehingga akhirnya memutuskan datang berziarah.

"Pagi memang tadi ada penjagaan, tapi siang ini informasinya nggak terlalu (ketat penjagaan), bisa, ya udah kita datang. Ini datang juga informasi dari orang-orang yang pernah ke sini tadi pagi, sore kita ke sini ziarah," ungkapnya.

Peziarah lain, Lukman Hakim (19), mengaku telah mengetahui larangan ziarah selama Lebaran. Namun keinginan keluarga menjadi alasan Lukman tetap berziarah.

"Udah tahu. Tapi, ya sebenarnya dari keluarga juga pada pengin ziarah. Ini juga sekalian niatnya ngebersihin kuburan," ujar Lukman.

Lukman, yang tinggal tidak jauh dari TPU Tegal Alur, sempat mengetahui ada polisi dan TNI yang berjaga. Namun, menurutnya, penjagaan hari ini memang sedikit longgar. Selain itu, dia tahu jalan masuk lain ke pemakaman.

"Ada, kemarin polisi, TNI juga ada. Kalau tadi juga penjagaannya nggak ada," kata Lukman.

"Saya orang sini, jadi tahu (masuknya)," imbuhnya.

Pantauan detikcom, Kamis (13/5), pukul 16.30 WIB, tampak banyak warga yang berziarah di TPU Tegal Alur. Sebagian besar peziarah berada di area pemakaman blok AA 1 Unit Islam.

Para peziarah itu kebanyakan datang secara rombongan 5-10 orang. Mereka tampak memakai masker, tapi ada juga yang tidak.

Sejumlah peziarah tampak keluar-masuk lewat area permukiman warga. Tidak ada penjagaan di sana. Tampak peziarah bebas bergerak mengendarai sepeda motor di area TPU Tegal Alur.

Tak hanya di bagian pemakaman umum, di blok khusus COVID-19 juga terpantau adanya peziarah. Sejumlah rombongan tampak berziarah di makam yang berada di area tersebut.

Simak juga 'Warga Tetap Ziarah ke TPU Sirnaraga Bandung Meski Ditutup':

[Gambas:Video 20detik]

(run/maa)