Datangi Keluarga Korban Ledakan Petasan, Bupati Kebumen Sampaikan Ini

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 14:13 WIB
insiden petasan
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen -

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengunjungi lokasi ledakan petasan di Desa Ngabean, Kecamatan Mirit Kebumen, Rabu (12/5) malam. Dalam peristiwa itu, delapan warga jadi korban bahkan empat di antaranya meninggal dunia.

Peristiwa ledakan yang terjadi pada Rabu (12/5) kemarin sore itu mengundang keprihatinan yang mendalam bagi bupati dan seluruh jajaran pemerintahan. Pasalnya jelang pelaksanaan hari Raya Idul Fitri justru ada musibah yang menimpa warga Kebumen. Arif pun menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

"Ini cukup memprihatinkan bagi kami, dan seluruh jajaran pemerintah. Saya harap kejadian ini jangan sampai terulang lagi. Masyarakat harus bisa menjaga diri dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan diri dan lingkungan, seperti petasan ini," kata Arif Sugiyanto.

"Kepada keluarga korban, kami juga menyampaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya. Semoga husnul khatimah, seluruh keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan," tambahnya.

Arif mengingatkan, petasan adalah barang yang sangat bahaya. Menyambut hari Raya Idul Fitri mestinya tidak perlu merayakan dengan menyalakan petasan. Cukup diisi dengan kegiatan positif yang tidak membahayakan.

"Saya ingatkan kepada warga masyarakat agar jangan sekali-sekali bermain dengan petasan. Ini sangat membahayakan. Sudah banyak korban berjatuhan gara-gara petasan. Tentunya ini harus disikapi secara serius. Jangan dijadikan ini sebagai mainan," tegasnya.

Tak lupa Arif menyampaikan imbauan kepada seluruh orang tua untuk mengawasi dan melarang anak-anaknya jika melakukan sesuatu hal yang membahayakan. Hal tersebut semata-mata demi keselamatan bersama.

Tak lupa Arif juga menyempatkan diri untuk bertakziah ke rumah keluarga korban yang letaknya tidak jauh dari TKP. Setelah itu, ia juga membesuk korban lain yang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

(mul/mpr)