Jemaah Sewa Hotel demi Salat Id di Istiqlal, Akhirnya ke Masjid Cut Meutia

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 08:55 WIB
Salat Id Lebaran 1422 H di Masjid Cut Meutia, 13 Mei 2021
Salat Id di Masjid Cut Meutia (Arun/detikcom)
Jakarta -

Keluarga Dani (38) harus memendam mimpi melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, karena dibatalkan. Dani padahal sudah menyewa hotel dekat Istiqlal untuk memuluskan langkahnya.

Alasan itulah yang membuat Dani dan keluarganya datang ke Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat. Bersama istri dan dua anaknya, ia bersyukur tetap bisa menjalankan salat Id berjemaah di masjid.

"Awalnya kami memang berencana untuk salat, karena kami pendatang ya, kami baru 2 tahun pindah ke Jakarta karena tugas, soalnya kami insyaallah penginnya salat Id di Istiqlal. Kami juga sudah sewa hotel juga dekat Istiqlal biar mudah untuk ke masjid. Baru tahu informasi kemarin ternyata Istiqlal tidak melaksanakan salat Idul Fitri. Jadi kami mencari yang terdekat dari Istiqlal," kata Dani saat ditemui usai salat Id di Masjid Cut Meutia, Kamis (13/5/2021).

Dani mengaku rindu bisa menjalankan salat Id lagi bersama keluarga di masjid. Meski begitu, ia masih kecewa tidak bisa salat di Istiqlal.

"Betul (ada kerinduan salat Id di masjid) karena kami baru setahun di sini saya girahnya pengin salat di Istiqlal, belum pernah kami salat Id di Istiqlal, pengin sebenarnya di sana, tapi karena ada kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan kami juga harus maklumi itu makanya kami cari yang dekat Istiqlal," ungkapnya.

Jemaah bersama keluarganya mengabadikan momen Idul Fitiri 1442 H usai salat Id di Masjid Cut MeutiaDani bersama keluarganya mengabadikan momen Idul Fitiri 1442 H usai salat Id di Masjid Cut Meutia. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Dani awalnya sedikit was-was salat Id di masjid karena masih situasi pandemi COVID-19. Namun, ia percaya pada protokol kesehatan yang diterapkan Masjid Cut Meutia. Dia juga menilai protokol di masjid juga telah dijalankan dengan baik.

"Rasanya segar banget lagilah, akhirnya kami diperkenankan lagi salat Id di masjid walau dengan (protokol kesehatan). Tapi tadi udah bagus masuk di gerbang udah dicek suhu, di dalam juga diingatin bagi jemaah yang safnya nggak pas dirapiin, insyaallah amanlah dari COVID," ucap Dani.

"Betul kami sempat ragu juga cuma kami baca-baca masjid ini menyelenggarakan salat Id dengan protokol kesehatan," tambahnya.

Simak cerita jemaah lainnya seputar pengalaman salat Id tahun ini di Masjid Cut Meutia di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Indahnya Toleransi, Pemuda Gereja Makassar Bebersih Masjid Buat Salat Id':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2