Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta Gelar Salat Id, Begini Suasananya

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 08:11 WIB
Suasana salat Id di Masjid Sunda Kelapa (Rakha/detikcom)
Foto: Suasana salat Id di Masjid Sunda Kelapa (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah masjid di Jakarta menggelar salat Idul Fitri 2021. Salah satunya adalah Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 06.30 WIB, Kamis (13/5/2021) para jemaah terlihat ramai memenuhi area masjid. Selain di dalam ruangan masjid, tampak para jemaah mengisi tempat di pelataran masjid.

Para jemaah yang datang terlihat mengenakan masker. Para jemaah masuk melalui pintu utama.

Sebelum masuk, petugas terlebih dahulu mengecek suhu tubuh jemaah. Setelah itu, petugas mengarahkan jemaah agar menjaga jarak saf.

Suasana salat Id di Masjid Sunda Kelapa (Rakha/detikcom)Suasana salat Id di Masjid Sunda Kelapa (Rakha/detikcom) Foto: Suasana salat Id di Masjid Sunda Kelapa (Rakha/detikcom)

Jemaah yang hadir di Masjid Sunda Kelapa juga nampak membawa sajadah masing-masing. Apabila ada jemaah yang tidak membawa sajadah, di depan masjid ada yang menjajakan koran sebagai yang bisa dijadikan sebagai alas.

Selain itu, terlihat juga polisi dan Satpol PP yang membantu mengatur saf jemaah yang melebar ke area luar masjid. Akses jalan di depan masjid Jalan Taman Sunda Kelapa ditutup pada pukul 06.30 karena diperuntukan bagi jemaah perempuan salat di bagian belakang. Tampak juga sejumlah petugas dari pihak kepolisian dan Satpol PP yang berjaga di lokasi.

Untuk diketahui, Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, akan menggelar salat Idul Fitri 1442 H hari ini. Kapasitasnya dibatasi hanya 50 persen jemaah.

"Kita akan menyeting masjid kapasitas yang diperbolehkan oleh peraturan yang ada. Makanya teman-teman di lapangan sedang menyeting ulang tanda salat bahkan sampai di luar, di jalanan semua diatur, yang jelas kapasitasnya nanti jadi 50 persen, tapi untuk di luar sana saya belum tahu karena sampai luar sana kan," jelas Wakil Sekretaris Masjid Sunda Kelapa Fatimah Nasution saat ditemui di kantornya, Rabu (12/5/2021).

Simak video 'Salat Idulfitri di Masjid Sunda Kelapa, Eks Ketua MK Jadi Khatib':

[Gambas:Video 20detik]



(man/man)