Pos Penyekatan di Puncak Cianjur Jebol Saat Jumlah Pemudik Membludak

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 03:36 WIB
Cianjur -

Pos penyekatan segar alam Puncak Cianjur, Jawa Barat diterobos ribuan pemudik di malam Lebaran Idul Fitri. Lolosnya pemudik dari penyekatan di kota sebelumnya diduga menjadi penyebab membludaknya pemudik yang melintas Cianjur.

Pantauan detikcom, sejak pukul 23.00 WIB, Rabu (12/5/2021) lonjakan pemudik sudah terjadi namun petugas tetap memeriksa dan memutar balik pemudik. Sekitar pukul 01.30 WIB, Kamis (13/4/2021), volume kendaraan terus bertambah dan antrean panjang kendaraan dari arah Bogor menuju Cianjur pun terjadi.

Beberapa pengendara sempat berusaha menurunkan garis pembatas, namun diperingatkan petugas agar tetap pada antrean untuk pemeriksaan. Tetapi pengendara yang sudah tak sabar kemudian memprovokasi pengendara lainnya untuk menerobos pembatas hingga akhirnya ribuan pemudik lolos.

Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai, mengatakan pihaknya sudah berusaha melakukan penyekatan dan pemeriksaan, namun volume kendaraan dan pemudik yang masuk sudah membludak.

"Kita sudah lakukan upaya penyekatan dan imbauan agar mereka kembali dan tidak melanjutkan perjalanannya untuk mudik. Tapi jumlah mereka sudah terlalu banyak," ucap Rifai saat ditemui di Pos Penyekatan Segar Alam Puncak.

"Jadi kami tidak meloloskan, tetap dilakukan penyekatan dan pemeriksaan," sambungnya.

Rifai menambahkan membludaknya pemudik di pos penyekatan Cianjur diduga lantaran pemudik di daerah sebelumnya sudah sudah tidak terbendung. "Pemudik tersebut rata-rata dari Jakarta, kemungkinan dari penyekatan sebelumnya di daerah lain tidak terbendung juga dan ada yang lolos," pungkasnya.

(man/man)