TNI-Polri Akan Jaga Salat Id 2.922 Masjid-16 Lapangan di Jadetabek

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 19:01 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menutup kegiatan festival Ramadhan online, Selasa (11/5/2021).
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menutup kegiatan festival Ramadhan online. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Ribuan masjid tetap mengadakan salat Idul Fitri 1442 H di Jakarta dan sekitarnya besok pagi. 11.281 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan pemda bakal menjaga masjid dan lapangan terbuka yang mengadakan salat Id.

"Selanjutnya, besok 11.281 personel gabungan TNI-Polri bersama pemerintah daerah akan melaksanakan pengamanan salat Id yang akan dilaksanakan di 2.922 masjid dan 16 lapangan terbuka," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Rabu (12/5/2021).

Fadil mengungkapkan alasan kenapa masjid-masjid harus dijaga ketat selama pelaksanaan salat Id. Menurutnya, protokol kesehatan (prokes) di masjid harus diawasi secara ketat.

"Harapan kita semua agar perayaan salat Id dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat," ucapnya.

"Mudah-mudahan ini bisa berjalan tertib, aman, dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sampai hari ini situasi ibu kota terkendali aman, berkat dukungan sinergi kami bersama Forkopimda Provinsi DKI Jakarta," sambung Fadil.

Setelah salat Id selesai, lanjut Fadil, pengamanan tetap dilakukan di sejumlah pusat belanja dan pasar tradisional. Dia mengharapkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi operasionalisasi di tiap mal dan tempat wisata.

"Demikian juga pada kesempatan ini saya ingin sampaikan bahwa setelah perayaan salat Id kita juga akan laksanakan pengamanan di 19 pusat perbelanjaan, 7 pasar tradisional, serta 6 titik lokasi tempat wisata. Tetap kita memberikan perlindungan dan pelayanan. Ikuti peraturan tentang operasionalisasi tempat perbelanjaan dan tempat wisata," terang Fadil.

Diketahui, sejumlah masjid akan menggelar salat Idul Fitri secara berjamaah, salah satunya Masjid Agung Al-Azhar Jakarta. Masjid ini akan membuka tempat bagi 3.000-5.000 anggota jemaah.

"Kuota normal antara 7.000 orang. Untuk sekarang diperkirakan antara 3.000 sampai dengan 5.000 orang," ujar Kepala Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al-Azhar, Yahya, saat dihubungi, Selasa (11/5).

Salat Idul Fitri ini akan dilaksanakan pada pukul 7.00 WIB, Kamis (13/5). Salat bakal digelar di Lapangan Hijau Masjid Agung Al-Azhar.

(aud/aud)