Golkar Beri Ruang Seniman dengan Lomba Musik Patrol di Jawa Timur

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 14:19 WIB
Musik patrol.
Foto: dok. Golkar
Jakarta -

Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) menyediakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan bakat dan ekspresi seninya. Salah satunya dengan menggelar Lomba Musik Patrol.

Lomba yang diadakan dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur dan dimenangkan oleh grup musik patrol asal Banyuwangi, Joyo Karyo.

"Seluruh peserta sangat berkualitas, baik dari sisi atraksi, kostum, maupun musikalisasinya. Setelah ditotal Grup Musik Patrol Joyo Kayo dari Banyuwangi unggul dari seluruh peserta dan berhak membawa apresiasi uang pembinaan sebesar Rp 5 juta," ujar inisiator Lomba Musik Patrol Golkar Jawa Timur, Muhammad bin Muafi dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Mamak ini menilai penampilan yang disuguhkan para peserta sangat maksimal. Mereka memiliki karakter dan identitas yang kuat. Seperti halnya peserta asal Mataraman yang memadukan instrumen gamelan dan memiliki cengkok kental dengan nuansa Jawa. Begitu pula dengan peserta yang datang dari Madura, Tapal Kuda, serta Surabaya dan sekitarnya yang menampilkan ciri khas daerahnya masing-masing.

"Hal ini sangat indah sekali bahwa universalitas Islam bisa ditangkap dan diekspresikan dengan ciri lokal melalui musik patrol yang datang dari berbagi tempat di Jawa Timur," terang Anggota DPRD Jatim Fraksi Golkar tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jawa Timur, M. Sarmuji mengapresiasi seluruh peserta yang mengirimkan videonya dan tampil di Golkar Jatim TV.

"Saya sangat bahagia atas terselenggaranya Lomba Musik Patrol ini. Walaupun di masa pandemi tidak menyurutkan masyarakat untuk terus menampilkan karya-karya terbaiknya," tuturnya.

Sarmuji mengatakan Partai Golkar Jawa Timur berupaya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkarya. Adapun lomba yang digelar seperti lomba puisi untuk pejuang medis, video vlog indahnya desaku, lomba musik patrol, dan lomba cipta lagu Golkar Jatim. Menurutnya, pelaksanaan lomba tersebut merupakan upaya Partai Golkar untuk terus bersama masyarakat dalam membangun bangsa.

"Masyarakat harus selalu menemukan ruang untuk menyalurkan dan mengekspresikan kebudayaannya. Kebetulan saat ini masih pandemi yang menyebabkan ruang tatap muka menjadi terbatas. Golkar Jatim akan terus menyediakan ruang ekspresi dengan memanfaatkan ruang virtual sementara kegiatan tatap muka langsung belum dimungkinkan," tandasnya.

(prf/ega)