Curhat PKL Pasar Tanah Abang Gelar Lapak di Trotoar Sepi Pembeli

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 14:13 WIB
PKL di trotoar Pasar Tanah Abang
PKL di trotoar Pasar Tanah Abang. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Pedagang kaki lima (PKL) masih berjualan meski Pasar Tanah Abang sudah tutup sejak hari ini hingga 18 Mei mendatang. Walau sudah menggelar lapak di trotoar, para PKL tetap sepi pembeli.

Salah satu PKL yang masih berjualan hari ini adalah Afifah (38), seorang pedagang pakaian. Ia mengungkapkan pendapatannya semakin turun menjelang Lebaran 2021.

"Hari biasa saja sepi, apalagi mau hari raya," cerita Afifah kepada detikcom di lokasi, Rabu (12/5/2021).

Afifah mengungkapkan dirinya tetap berjualan hari ini lantaran lokasi rumahnya dekat dengan pasar. "Pedagang-pedagang kalau ada cara, ya cari tempat bisa berdagang. Kalau yang nggak mudik ya," lanjutnya.

Hal serupa dialami Endra (46), pedagang jaket di Pasar Tanah Abang. Karena mulai hari ini Pasar Tanah Abang tutup, Endra terpaksa berjualan di trotoar.

"Saya di dalam biasanya di Blok B. Kalau jualan di atas aja kita ngeluh, apalagi di luar kayak gini. Jauh sepi pembelinya," kata Endra.

"Intinya jauh beda, tapi nggak bisa diungkapin. Saya seumur-umur baru sekarang punya utang," tambahnya.

Rafi (24), pedagang Blok B lain yang hari ini menggelar lapak di luar gedung di trotoar, mengeluhkan hal yang sama. Walaupun sudah menggelar lapak di luar, lapaknya sepi pembeli.

"Ya sepi, gini-gini aja. Karena mau Lebaran juga. Daripada di rumah, mending dagang," katanya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, akan tutup sementara mulai Rabu, 12 Mei 2021. Pasar Tanah Abang tutup sampai 18 Mei.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam kunjungan ke Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (11/5/2021). Penutupan sementara Pasar Tanah Abang itu dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Besok Rabu terakhir, memang siklusnya saja. Hari terakhir bulan Ramadhan, tutup pasarnya, karena pedagang juga ikut libur Lebaran," kata Anies seperti dikutip dari Antara.

Simak video 'Sempat Bubar Saat Ada Petugas, PKL Pasar Tanah Abang Jualan Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)