Polisi Ungkap Kemungkinan Korelasi Sabu 310 Kg Iran dan Jaringan Teroris

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 08:51 WIB
Polres Jakpus bongkar peredaran sabu 310 kg di Gunung Sindur, Bogor.
Polres Jakpus membongkar peredaran 310 kilogram sabu. (Kadek/detikcom)

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan timnya sudah melakukan pengintaian cukup panjang terhadap jaringan tersebut. Polisi, kata Hengki, dalam mengungkap kasus tersebut menggunakan pendekatan preventive strike.

"Jadi ini pengungkapan ini melalui penyidikan yang cukup panjang. Bahwa sesuai arahan pimpinan bahwa kami menggunakan preventif strike, artinya kita harus mengungkap kasus ini... sebelum sabu ini menyebar ke masyarakat kalau ini sudah menyebar, maka akan susah," ujar Hengki.

Hengki menuturkan, dari sekian banyak aksi kejahatan, sebagian besar dipengaruhi oleh narkoba. Sebab, barang haram tersebut dapat menghilangkan rasa takut dan fatalitas lebih tinggi.

"Berdasarkan pengalaman empiris, ini berpengaruh juga terhadap kejahatan-kejahatan dari narkoba ini. Pengalaman kami bisa dianalogikan 9 dari 10 kasus kejahatan apakah pencurian dan kekerasan itu pasti sebagian besar dalam pengaruh narkoba bisa meningkatkan halusinogen dan stimulat. Hilang rasa takut sehingga lebih sadis dan fatalitas lebih tinggi," tuturnya.

"Oleh karenanya kita benar-benar komitmen menggunakan pola preventive strike pada saat barang itu belum tersebar kita hantam gunungnya," imbuhnya.

Halaman

(mea/mea)