Polda Metro Siapkan Skenario Lalin Arus Balik: Contraflow-One Way di Tol

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 15:42 WIB
H-10 Lebaran, arus lalu lintas di Tol Cikampek, terpantau lengang, Minggu (02/05/2021). Tidak terdapat antrean kendaraan karena adanya larangan mudik.
Ilustrasi Tol Cikampek (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas menghadapi arus balik Lebaran. Polisi akan melakukan contraflow hingga one way di ruas jalan tol.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan skenario rekayasa lalu lintas dipersiapkan untuk mengantisipasi kemacetan saat arus balik Lebaran.

"Antisipasi arus balik, kami sudah siapkan skenario-skenario baik yang sifatnya contraflow maupun sifatnya one way," kata Kombes Sambodo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Untuk contraflow akan dilaksanakan di Tol Cikampek. Contraflow diberlakukan jika kondisi lalu lintas ke arah Jakarta sudah benar-benar padat.

"Contraflow nanti kita lihat apakah perlu dibuka dari Km 65 sampai dengan Km 42 atau bisa diperpanjang ke Km 28 atau bisa perpanjang di Km 5 jadi sebanyak 60 Km," jelasnya.

Namun, jika upaya itu tetap tidak bisa mencairkan lalu lintas, polisi punya skenario lain, yaitu menerapkan sistem satu arah (one way).

"Atau kalau itu (contraflow) tidak menolong juga, tentu atas koordinasi dengan pihak Korlantas maka akan kita laksanakan one way di biasanya mulai dari Tol Cikampek sampai Jakarta atau malah mungkin dari Kalikangkung, Semarang, seperti dua tahun lalu. Tentu ini berdasarkan atensi dari perintah Korlantas Polri," jelas Sambodo.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyampaikan pihaknya menyiapkan pengamanan arus balik Lebaran. Polisi akan melakukan swab test secara acak terhadap para penumpang di titik-titik penyekatan.

"Agar pemudik yang kembali harus memiliki surat swab antigen atau PCR. Kemudian akan dilakukan swab antigen di lokasi titik penyekatan dan check point secara sukarela," ujar Fadil kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/5/2021).

(mea/mea)