Bela Mendag, PKB Anggap JoMan Lelucon!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 15:11 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid
Waketum PKB Jazilul Fawaid (Dok MPR RI)
Jakarta -

Relawan Jokowi Mania (JoMan) menyebut Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi seharusnya mundur karena telah membuat tiga 'dosa' dalam 5 bulan terakhir. PKB menganggapnya sebagai lelucon.

"Anggap lelucon saja, maju saja berat, apalagi mundur," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Menurut JoMan, salah satu dosa yang dibuat Mendag Lutfi adalah promosi bipang Ambawang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mendag juga sudah bersikap terkait polemik promosi bipang Ambawang yang dimaksud.

Jazilul menilai sikap Lutfi merespons polemik promosi bipang Ambawang sudah tepat. Mendag diketahui telah menyampaikan permohonan maaf atas kesalahpahaman terkait promosi makanan khas Ambawang, Kalimantan Barat, itu.

"Hemat kami, Mendag sudah benar, pasang badan untuk Presiden. Menyampaikan permohonan maaf ke publik itu juga bagian dari sikap tanggung jawab," sebut Jazilul.

Lebih lanjut, Jazilul menilai dosa-dosa Mendag M Lutfi seperti yang disampaikan JoMan tergolong dosa kecil. Wakil Ketua MPR RI itu meminta permasalahan tersebut tidak dibesar-besarkan.

"Sudahlah, catatan dosa kecil tidak perlu dibesar-besarkan. Kita perlu kebersamaan dan saling percaya dalam membangun Indonesia," ucap Jazilul.

Bukan tanpa alasan PKB membela Mendag Lutfi dari kritik JoMan. PKB menyatakan Lutfi sebagai kader mereka dari jalur profesional.

Diberitakan sebelumnya, relawan JoMan menyebut heboh bipang Ambawang menambah dosa Mendag M Lutfi ke Jokowi dalam 5 bulan terakhir. Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer atau Noel, mengatakan 'dosa' Lutfi berawal dari kesalahan narasi benci produk asing, impor beras, hingga bipang Ambawang.

"Kalau dia bersikap kesatria, dia harusnya mundur karena berulang kali 'offside' dan menghebohkan publik," kata Noel, Selasa (11/5).

(zak/tor)