Relawan JoMan Serang Mendag, Komisi VI DPR Pasang Badan

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 12:26 WIB
Mendag M Lutfi (Andhika Prasetia/detikcom)
Mendag M Lutfi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Relawan Jokowi Mania (JoMan) mendesak Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi mundur usai persoalan Bipang Ambawang dalam pidato Presiden Jokowi. Komisi VI DPR RI menyebut JoMan berlebihan menanggapi persoalan tersebut.

Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza, menyebut sejauh ini Presiden Jokowi tidak memprotes persoalan Bipang Ambawang ataupun kesalahan M Lutfi lainnya selama 5 bulan terakhir ini. Dengan demikian, menurutnya itu berarti tidak perlu dipersoalkan.

"Kalau Pak Jokowi nggak complain berarti nggak perlu dipersoalkan," kata Faisol saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

Lebih lanjut, Faisol lalu menyinggung persoalan benci produk asing dan impor beras yang disampaikan M Lutfi. Menurutnya itu juga merupakan keputusan bersama pemerintah.

"Juga soal benci produk asing dan impor beras. Memang keputusan pemerintah, bukan keputusan Menteri Perdagangan. Konteks lainnya adalah mencintai produk asli Indonesia, sama seperti waktu bicara benci produk asing," ucapnya.

Faisol pun mengaku curiga dengan pernyataan JoMan dan desakannya untuk M Lutfi mundur. Dia menduga ada pihak yang dirugikan dengan tindakan M Lutfi.

"Janganlah menambah-nambahi seolah-olah pemerintah ruwet. Saya jadi curiga kalau mendesak mundur, ada udang di balik batu ini, makanya saya curiga, masa curiga nggak boleh?" ungkap Faisol.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi VI DPR lainnya, Achmad Baidowi. Awiek, panggilan akrab Achmad Baidowi, menilai Mendag M Lutfi sudah menyampaikan permohonan maaf.

"Saya kira M Lutfi sudah menyampaikan permohonan maaf tinggal bagaimana caranya agar tidak terulang di kemudian hari. Menurut kami tidak perlu mundur toh sebenarnya kinerja perdagangan bagus," ujarnya.

Awiek menyampaikan kinerja Kemendag bagus di bawah kepemimpinan Mendag M Lutfi terbukti dari naiknya ekspor sekitar 30 persen. Selain itu perdagangan dalam negeri juga relatif stabil dan sembako jelang Lebaran stabil. Dengan demikian menurutnya hanya perlu ada evaluasi tim komunikasi terkait kesalahan M Lutfi selama ini.

"Kalau soal salah ucap atau salah narasi masih bisa diperbaiki dan dilakukan evaluasi berkala terhadap tim komunikasi," ungkapnya.

Baca di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Mendag Klarifikasi Pidato Jokowi Promosikan Bipang Ambawang

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2