detik's Advocate

Menggoda Istri Orang Apakah Sudah Bisa Dilaporkan Delik Zina?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 09:01 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Hakim Perebut Bini Orang (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Ilustrasi (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Acapkali, bercanda dianggap serius. Apalagi bila bercanda itu menyinggung masalah pribadi. Namun apakah semuanya harus diselesaikan di meja pengadilan?

Hal itu disampaikan seorang pembaca detik's Advocate. Berikut pertanyaannya:

Selamat pagi detik's Advocate.

Saya berkenalan dengan seorang perempuan yang mengaku masih lajang. Karena mengaku masih lajang, saya berani berkenalan lebih jauh.

Belakangan, saya baru tahu kalau perempuan itu telah bersuami. Oleh suaminya, dituduh zina dan akan dilaporkan ke polisi dengan pasal perzinaan.

Terimakasih

M

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya. Sebelum menjawab, perlu kami uraikan pengertian zina menurut Pasal 284 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Zina adalah persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang telah menikah dengan perempuan atau laki-lai yang bukan isteri atau suaminya.

Persetubuhan tersebut dilakukan atas dasar suka sama suka dan tidak merupakan paksaan dari salah satu pihak. Perbuatan zina dapat diproses hukumnya apabila memenuhi unsur-unsur di atas yaitu telah melakukan persetubuhan, salah satu atau keduanya telah menikah, dan atas dasar suka sama suka.

Selain itu, Pasal 284 KUHP adalah delik aduan artinya perbuatan zina tidak dapat diproses apabila tidak ada pengaduan dari pihak yang merasa dirugikan. Dari pertanyaan anda, sepanjang belum melakukan persetubuhan, maka Anda belum bisa dikenakan delik zina.

Di sisi lain, anda yang dituduh melakukan zina, bisa melaporkan balik dengan delik fitnah. Hal itu diatur dalam pasal 311 KUHP ayat (1):

Barang siapa melakukan kejahatan menista atau menista dengan tulisan, dalam hal ia diizinkan untuk membuktikan tuduhannya itu, jika ia tidak dapat membuktikan dan jika tuduhan itu dilakukannya sedang diketahuinya tidak benar, dihukum karena salah memfitnah dengan hukum penjara selama-lamanya empat tahun.

Demikian jawaban dari kami.
Semoga mencerahkan dan bermanfaat.

Terima kasih.

Tim detik's Advocate

Lihat juga video 'Puluhan Pria-Wanita Open BO-Selingkuh Diciduk di Kos Mewah Tangsel':

[Gambas:Video 20detik]



Simak cara mengajukan pertanyaan kepada detik's Advocate halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2