Pemudik Coba Tabrak Petugas Saat Diminta Putar Balik di Pos Penyekatan Bekasi

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 23:35 WIB
Pos penyekatan di Sumber Arta, Bekasi (Dyas/detikcom)
Pos penyekatan di Sumber Arta, Bekasi (Dyas/detikcom)
Jakarta -

Puluhan pemudik mulai pukul 20.00 WIB diputar balik oleh petugas di pos penyekatan Sumber Arta, Kota Bekasi, Jawa Barat. Salah satu pemudik bahkan mencoba menabrak petugas.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (10/5/2021), pemeriksaan oleh pemeriksaan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Dalam pemeriksaan itu, polisi dibantu oleh anggota TNI, Dishub, dan relawan lainnya dalam pemeriksaan. Puluhan pemotor diperiksa, terutama mereka yang membawa banyak barang bawaan sehingga terlihat seperti ingin mudik.

Salah satu pemudik bernama Rifai yang diperiksa petugas mengaku hendak mudik ke Pekalongan. Petugas memintanya kembali putar balik.

Salah satunya adalah pemotor bernama Rifai. Secara jujur, dia mengaku kepada polisi ingin mudik.

"Saya mau pulang, Pak, ke Pekalongan," ujar Rifai.

"Nggak, nggak. Putar balik kamu," balas salah seorang petugas.

Selain itu, ada yang berdalih ingin menikah di Majalengka, Jawa Barat. Saat ditanya surat nikah, surat yang dibawa hanya berupa fotokopi dan tidak membawa surat keterangan bebas COVID-19.

"Mohon maaf, surat ini fotokopian, tidak ada stempel basah. Kamu harus putar balik. Surat rapid antigen aja kamu nggak punya," kata Kapolsek Bekasi Kota Kompol Armayni.

"Iya, Bu. Saya nggak sempat, tadi buru-buru," ucap pemotor itu.

"Jangan banyak alasan, kan masih ada hari-hari sebelumnya buat rapid antigen. Satu jam juga keluar hasilnya. Putar balik," tegas Armayni.

Sementara itu, ada juga pemudik yang menggunakan sepeda motor yang tidak terima diputar balik. Alih-alih menuruti permintaan petugas, pemotor itu justru nekat menerobos dan ingin menabrak relawan dari PMI dan TNI.

Sontak, anggota TNI dan PMI itu marah. Kepala pemotor yang dilapisi helm itu langsung dipukul petugas. Pemudik itu kemudian digiring ke pinggir jalan.

"Hey kamu ini, dibilangin baik-baik malah ngelunjak. Apa susahnya sih diperiksa sebentar? Ini langsung putar balik ini," teriak petugas.

"Iya, Pak, saya langsung putar balik," balas pemotor itu dengan nada ciut.

Hingga pukul 21.34 WIB, setidaknya ada 29 sepeda motor yang diputar balik di pos penyekatan Sumber Arta. "Sudah ada 29 yang diputar balik. Semuanya motor," kata Kapospam Sumber Arta Ipda Heri.

(man/man)