5 Hari Penyekatan Mudik di Sulsel, 1.087 Kendaraan Diputar Balik

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 18:35 WIB
Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam saat meninjau penyekatan mudik di Maros-Pangkep (Hermawan/detikcom).
Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam saat meninjau penyekatan mudik di Maros-Pangkep. (Hermawan/detikcom)

Saat disinggung soal banyaknya pemudik yang memanfaatkan jalur-jalur tikus, Merdisyam pun menyebut aparat dan stakeholder yang terlibat dalam jajaran operasi ketupat 2021 akan memaksimalkan pola patroli.

"Jalur (tikus) ini kan banyak ya, makanya kita juga melakukan patroli secara hunting ada titik-titik yang memang diperkirakan sebagai jalur tikus. Ada patroli sifat yang statis ada yang sifatnya mobile (patroli mobile) dilakukan secara itu," papar Merdisyam.

Selain mudik ke daerah dan pemanfaatan jalur tikus, Irjen Merdisyam menyinggung banyaknya kendaraan pemudik yang mengarah ke zona aglomerasi, khususnya ke Kota Makassar. Polisi bintang dua itu pun menyebut penyekatan dimaksimalkan di Maros dan Pangkep serta di Takalar dan Gowa untuk pemudik dari arah Bulukumba, Bantaeng, dan Jeneponto.

"Penyekatan ada titik terujung antara Maros dan Pangkep, nah saya melihat penyekatan yang dari arah Pangkep akan keluar. Sampai hari ini kurang-lebih 125 pengendara diputar balik karena sesuai ketentuan dilarang mudik kita ambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19," katanya.

Kemudian, saat disinggung soal pemudik yang nekat menerobos posko penyekatan, dia menyebut upaya tersebut belum terlihat sejauh ini. Merdisyam menilai masyarakat cukup patuh.

"Saya tanyakan sampai sejauh ini ya alhamdulillah tidak ada kendala yang dihadapi. Ini juga dilakukan secara persuasif secara humanis karena ini kepentingan bersama. Berjalan tertib aman dan lancar," jelasnya.

Halaman

(hmw/nvl)