Jelang Lebaran, HK Bagikan 4.850 Paket Sembako ke Anak Yatim dan Duafa

Erika Dyah - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 16:36 WIB
Hutama Karya
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) membagikan 4.850 paket sembako secara bertahap ke sejumlah wilayah di Indonesia. Bantuan yang diberikan melalui program CSR HK Peduli ini terdiri dari beras, minyak goreng, kecap manis, susu kental manis, teh, gula, mie instan dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan sasaran pemberian bantuan ini antara lain masyarakat kurang mampu, duafa, yatim-piatu, pengurus pondok pesantren, dan kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Pandemi COVID-19.

Adapun bantuan ini diberikan mulai dari Selasa (20/4) hingga Senin (10/5) meliputi wilayah Kabupaten Wonosobo dan Klaten, Jawa Tengah, Kota Jakarta Utara dan Jakarta Barat, DKI Jakarta, serta Kota Malang, Jawa Timur.

Tjahjo menambahkan kegiatan ini rutin dilakukan oleh Hutama Karya setiap tahunnya selama bulan suci Ramadhan. Pihaknya juga bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya dalam penyaluran bantuan ini.

"Di tahun 2020 lalu, kami menyalurkan bantuan melalui hasil penggalangan dana dari karyawan dan juga sebagian THR Jajaran Direksi dan Komisaris. Tahun ini, kami bersama dengan 26 BUMN lainnya berkolaborasi dalam penyaluran paket sembako," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Lebih lanjut, Tjahjo menyampaikan paket sembako ini disiapkan dari Jakarta dan dibawa serta diserahkan langsung oleh Tim CSR Hutama Karya di masing-masing wilayah. Ia menambahkan untuk bantuan beras pihaknya memesan langsung dari Perum Bulog sebagai bentuk sinergi BUMN.

"Hutama Karya menyadari bahwa capaian dan keberhasilan pembangunan infrastruktur yang diraih oleh perusahaan tak lepas dari dukungan masyarakat khususnya yang berada di sekitar wilayah proyek. Sehingga kami berharap bantuan sembako ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, meski sebagian besar masyarakat tidak dapat mudik ke kampung halaman," jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini mendapatkan respons positif dari masyarakat penerima bantuan. Ketua Pengurus Pondok Pesantren di Malang, Gus Syaufi turut menyampaikan apresiasi kepada Hutama Karya atas bantuan paket sembako yang dikirimkan.

"Paket sembako ini sangat bermanfaat khususnya bagi para santri yang tidak dapat pulang kampung. Semoga melalui bantuan paket sembako ini dapat memberikan kebahagiaan dan memenuhi kebutuhan kami menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H serta dapat melipatgandakan manfaat serta keberkahan bagi kita semua di penghujung bulan suci Ramadhan," pungkasnya.

(akd/ega)