Usai Camat Ditegur Bobby, Sampah di Medan Dipindah dari Tengah ke Tepi Jalan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 13:53 WIB
di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (10/5/2021)
Sampah di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (10/5/2021). (detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, sempat menegur Camat Medan Polonia Amran Rambe dan Lurah Sari Rejo Nurainun gara-gara sampah menumpuk di tengah jalan. Kini, sampah dari tengah jalan itu dipindah ke pinggir jalan.

Pantauan detikcom di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (10/5/2021), tampak sampah dari tengah jalan telah dibersihkan. Namun, kondisi jalannya masih tampak rusak dan digenangi air.

Terlihat sampah di tanah yang berada di pinggir jalanan itu. Tanah itu tampak sudah dipagar dengan batang bambu dan dipasangi spanduk 'Buang sampah di sini denda Rp 10.000.000 dan kurungan penjara Perda No 6 Tahun 2005'.

di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (10/5/2021)di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (10/5/2021) (Foto: detikcom)

Salah satu warga setempat, Heri, mengatakan sampah itu dibersihkan usai Bobby datang ke lokasi tersebut dan memanggil camat serta lurah. Sampah dari tengah jalan dibersihkan.

"Esoknya langsung dibersihin oleh orang dari kelurahan. Kemudian dipagari," kata Heri.

Heri menyebut jalan yang rusak itu belum diperbaiki. Heri meminta agar di lokasi itu juga dibangun dinding, sehingga air tidak mengalir lagi di atas badan jalan.

"Jalannya dibuat. Dibikin dinding jalannya dan juga buat riol agar air bisa mengalir ke persawahan," ujar Heri.

Sebelumnya, Bobby meninjau kondisi ruas Jalan Cempaka Lingkungan 4 Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, yang rusak akibat tumpukan sampah. Setelah bertahun-tahun terbengkalai, sampah yang menumpuk di lokasi tersebut ditargetkan bersih dalam 2 hari.

Bobby sempat berdialog dengan warga tentang persoalan jalan rusak karena sampah yang dibuang di lokasi tersebut. Dia lalu memanggil Camat Medan Polonia Amran Rambe dan Lurah Sari Rejo Nurainun ke lokasi. Melalui dialog tersebut, diketahui jalanan rusak karena air meluap imbas jalur air yang tertutup.

"Bapak-Ibu, dalam dua hari ini sampah ini dibersihkan ya," kata Bobby, Senin (3/5).

di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (10/5/2021)di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (10/5/2021) (Foto: detikcom)

Bobby mengatakan dirinya baru saja melimpahkan kewenangan kebersihan dari Dinas Kebersihan ke camat. Dia meminta camat dan lurah setempat serius menindaklanjuti persoalan sampah dan jalan rusak tersebut.

"Tolong ya Pak Camat, dibantu warga ini. Jangan cuma sekadar dibersihkan sekali, setelahnya nggak diperhatikan lagi," tegas Bobby.

"Keplingnya itu tolong dievaluasi itu Pak Camat, Bu Lurah," imbuhnya.

Simak juga Video: Bobby Beraksi, Pimpin Normalisasi Parit di Medan

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)