Anies Rapat Bareng Kepala Daerah Bodetabek Bahas Aturan Saat Lebaran

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 12:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggelar rapat bersama Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, beserta kepala daerah di wilayah aglomerasi Bodetabek. Rapat kali ini salah satunya membahas ketentuan serta teknis penerapan kebijakan selama Lebaran 2021.

"Hari ini bersama dengan Polda, Kodam, dan para bupati, wali kota Jabodetabek untuk membicarakan mengenai ketentuan-ketentuan selama musim Idul Fitri besok," kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021).

Anies belum menginformasikan materi rapat bersama kepala daerah bodetabek. Dia berjanji akan menyampaikan hasil pertemuannya seusai rapat.

"Sesudah pertemuan itu nanti kami sampaikan secara lengkap di sini. Semuanya dibahas nanti siang," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mengumumkan mudik lokal di kawasan aglomerasi dilarang. Kegiatan nonmudik di kawasan tersebut tetap beroperasi tanpa penyekatan.

"Namun kegiatan selain mudik di suatu wilayah kabupaten/kota atau aglomerasi, khususnya di sektor-sektor esensial, akan tetap beroperasi tanpa penyekatan apa pun, demi melancarkan kegiatan sosial-ekonomi daerah," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers, Kamis (6/5/2021).

Wiku meminta masyarakat memahami kebijakan pelarangan mudik yang telah disosialisasi sebelumnya. Secara tegas, lanjut Wiku, pemerintah melarang kegiatan mudik Lebaran, apa pun bentuknya, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi.

(idn/idn)