Round-Up

Taktik Lolos Penyekatan Ala Warga tapi Ujungnya Gagal Mudik

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 22:34 WIB
Penyekatan mudik dilakukan di sejumlah titik di tengah pemberlakuan larangan mudik Lebaran. Ribuan kendaraan pun telah diputar balik di Tol Cikarang Barat.
Penyekatan mudik (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Meski mudik resmi dilarang oleh pemerintah ada saja cara warga untuk mengelabui petugas penjaga pos penyekatan. Berbagai taktik digunakan oleh warga namun tetap berujung gagal pulang ke kampung halaman.

Larangan mudik sendiri diketahui telah dimulai pada 6 Mei kemarin. Meski begitu tak dipungkiri banyak warga yang tetap bandel pergi untuk mudik.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan ada berbagai modus yang dilakukan masyarakat agar bisa mudik. Sambodo menilai beberapa modus tersebut merupakan modus lama yang sering dilakukan, seperti travel gelap.

"Yang sudah bisa kita ungkap di 2021 ini, modus-modusnya sebetulnya lama, travel gelap masih kita temukan," kata Sambodo kepada wartawan di GT Cikarang Barat, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021).

Sambodo menerangkan para pemudik juga ditemukan menaiki truk-truk besar agar bisa lolos dari pantauan polisi. Pemudik yang menggunakan sepeda motor juga masih kerap ditemukan.

Bahkan modus teranyar yang nekat dilakukan, yaitu pemudik pergi menggunakan ambulans.

"Kemudian yang kedua penumpang yang menggunakan kendaraan truk, itu juga masih ditemukan. Ketiga, mudik menggunakan sepeda motor ada, yang keempat pemudik menggunakan ambulans ada, yang belum ketemu, pemudik naik mobil di towing," ujarnya.

Sebelumnya, ditemukan pemudik yang nekat mudik di tol Cikarang 1. Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2