Menkes: Mutasi Corona Banyak Ditemukan di Dermaga, Salah Satunya Palembang

M Iqbal - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 14:30 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Cilegon -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta seluruh pelabuhan, terutama di Banten, mewaspadai mutasi virus Corona baru. Sebab, kata Budi, mutasi Corona baru banyak ditemukan di dermaga.

"Karena, Bapak-Ibu, mutasi virus baru itu banyak kita identifikasi di dermaga, seperti Banten, salah satunya masuknya di dermaga Palembang," kata Budi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (9/5/2021).

Karena itu, Budi meminta pihak pelabuhan mewaspadai para calon penumpang yang menuju Sumatera ataupun sebaliknya. Dia meminta para penumpang yang akan berangkat ataupun datang dites.

"Sehingga Bapak-Ibu mesti betul-betul menjaga orang kita yang nyeberang dari Banten orang Sumatera yang masuk ke sini itu kalau bisa minimal dites," ujarnya.

"Supaya kita bisa tahu jangan sampai pergerakan itu meningkatkan laju penularan, terutama yang masuk dari Palembang. Karena mutasinya banyaknya dari sana. Terima kasih sudah mengurangi pergerakan," lanjut Budi.

Budi juga menjelaskan perihal adanya penyekatan mudik. Dia mengatakan penyekatan mudik ini dilakukan guna menekan laju penyebaran COVID-19. Dia pun mewanti-wanti seluruh pelabuhan untuk terus waspada.

"Jangan bosan-bosan mengingatkan penumpang untuk memakai masker," kata dia.

Simak Video: Menkes: Ditemukan 2 Kasus Mutasi Corona India di Jakarta

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)