Blak-blakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ruang Silaturahmi dan Maaf AHY untuk Moeldoko cs

Deden Gunawan - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 13:42 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan tak punya agenda khusus untuk momen Hari Raya Idul Fitri, Kamis mendatang. Acara Lebaran hanya akan dilakukan bersama keluarga inti dengan ritual sungkeman kepada sang ayah dan mertua.

"Lebaran kali ini rasanya sederhana sekali. Saya akan ke Cikeas, menemani Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), sungkeman. Selebihnya saya ke rumah mertua. Kita tidak mengadakan open house supaya menghindari kerumunan," kata AHY kepada tim Blak-blakan detikcom, Rabu (5/5/2021).

Ketika disinggung kemungkinan untuk bersilaturahmi dengan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko dan para politikus lain yang terlibat dalam KLB Deli Serdang, dia menyatakan pada prinsipnya membuka ruang silaturahmi dan pintu maaf.

"Ya saya cuma mengatakan sebetulnya ruang untuk bersilaturahim dan bertatap muka itu selalu ada. Namun pada kenyataannya saat ini mereka merasa tidak salah, tidak pernah berbuat sesuatu yang menyakiti hati kader Partai Demokrat," tutur pensiunan Mayor kelahiran Bandung, 10 Agustus 1978, itu.

Dengan kata lain, Agus Harimurti Yudhoyono hanya akan bersedia bersilaturahmi bila Moeldoko cs meminta maaf terlebih dahulu.

Seperti diketahui, sejumlah orang yang mengklaim sebagai pendiri Partai Demokrat, seperti Jhoni Allen Marbun, Darmizal, Hencky Luntungan, dan Marzuki Alie, menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat. Acara diadakan di The Hill Sibolangit, Deli Serdang, pada 5 Maret 2021. Dalam acara itu, mereka memilih Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai ketua umum. Namun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menolak mengesahkan kepengurusan mereka pada 31 Maret 2021.

Pada bagian lain, AHY secara gamblang menjawab sejumlah tudingan yang pernah dilontarkan para pemrakarsa KLB, seperti tidak menghargai para senior, kerap melakukan pungli ke pengurus di daerah, hingga adanya tarik-menarik ideologi yang seolah anti-Pancasila di tubuh Demokrat.

Dengan santai AHY juga mengungkapkan hubungan pribadinya dengan sang adik, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Selengkapnya, saksikan Blak-blakan AHY, "Ruang Maaf untuk Moeldoko cs", Senin (10/5/2021).

(jat/erd)