Round-Up

Geger Ajakan Bikin Macet di Tol Berujung 3 Pria Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 08:01 WIB
poster
Foto: Ilustrasi penyebar pesan provokasi di media sosial ditangkap (Edi Wahyono/detikcom)

Dari hasil pemeriksaan, tersangka ES mengirimkan pesan ajakan membuat macet di tol ke enam grup WhatsApp berbeda.bPelaku ES diketahui mengirimkan pesan itu mulai dari grup WhatsApp Travel Pantura Selatan, KDTI, Travel Lintas Provinsi, AJPI Nusantara 1, AJPI Korwil Jabodetabek, dan AJPI Nusantara 2.

"ES inilah yang mengirim pesan berisi ajakan berkumpul atau demonstrasi pelaku usaha transportasi untuk membuat kemacetan di tol," ungkap Yusri.

Kepada polisi, pelaku ES mengaku menyebarkan pesan tersebut setelah menerima pesan serupa dari pelaku AA. Yusri mengatakan pelaku AA menuliskan pesan provokatif itu di grup WhatsApp bernama Paguyuban Kresna.

Setidaknya ada empat grup WhatsApp yang menjadi tempat pelaku AA mengirimkan pesan hasutan tersebut. Saat ditelisik lebih jauh, pelaku AA mengaku menerima pesan itu dari pelaku BES.

Polisi pun kemudian berhasil mengamankan pelaku BES. Pelaku tersebut mengaku turut menyebarkan pesan provokatif itu ke dua grup WhatsApp yang berbeda.

"Menurut keterangan BES pesan itu didapat dan kemudian disalin dari WhatsApp group dari Saudara R. Saat ini nomor handphone R dalam posisi off dan menggunakan registrasi abal-abal," ungkap Yusri.

Ketiga pelaku kini telah diamankan di Polda Metro Jaya. Ketiganya dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dan Pasal 160 KUHP tentang penghasutan melakukan pidana.


(aud/lir)