Round-Up

Geger Ajakan Bikin Macet di Tol Berujung 3 Pria Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 08:01 WIB
poster
Foto: Ilustrasi penyebar pesan provokasi di media sosial ditangkap (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Beredar di grup-grup WhatsApp sebuah pesan berisi ajakan untuk demonstrasi dan membuat macet di jalan tol. Pesan itu ditujukan pada para sopir travel.

"Ayo kita gaungkan dan persiapkan untuk gerakan tanggal 8 Mei. Seluruh travel Sumatera yang lintas Jakarta, Pulau Jawa dan Bali, kita kumpul di Simpang 3 Jalan Pertemuan Lintas Pantai Timur dan Lintas Tengah (pom bensin yang tutup). Dimulai jam 8 pagi pergerakan ke Pelabuhan Bakauheni pukul 13.00 WIB," demikian bunyi pesan seruan pelaku dari foto tangkapan layar WAG yang diterima detikcom, Sabtu (8/5/2021).

Di Jakarta, ajakan aksi disebut dipusatkan di rest area KM 19. Para pelaku aksi tersebut disebut berniat melakukan mogok massal dan melumpuhkan lalu lintas di area tersebut.

"Untuk area Jakarta titik kumpul di Km 19 rest area. Kita akan buat kemacetan di tol. Untuk rekan-rekan seperjuangan yang lainnya silakan koordinasi dengan teman-teman di masing-masing kota atau domisili. Kita serempak demo bersama pelaku usaha transportasi. Ayo gaungkan dan gerakan. #AYO_BEBAS_MUDIK_2021," bunyi pesan tersebut.

Menyikapi adanya ajakan ini, polisi melakukan penyelidikan yang bermuara pada tiga tersangka, ES (33), AA (34), dan BES (39). Mereka diamankan polisi dini hari tadi pada pukul 03.00 WIB.

Ketiganya diamankan di tiga lokasi berbeda mulai di kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Barat, hingga Kabupaten Bekasi. Polisi menilai pesan yang mereka sebarkan bernada provokasi untuk menentang kebijakan pemerintah dalam rangka menekan angka penularan COVID-19.

"Tangkapan layar tersebut berisi seruan mengadakan demo di dalam tol untuk menimbulkan kemacetan dengan tujuan diperbolehkan mudik," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya , Kombes Yusri Yunus dalam keterangan yang diterima detikcom.

Kepada polisi, ketiga tersangka mengaku hanya menyebarkan pesan, tanpa berniat ikut dalam aksi demonstrasi dan buat macet jalan tol yang mereka serukan.

"Ketiga orang yang telah diamankan tidak memiliki rencana mengikuti kegiatan tersebut. Mereka tidak mengetahui siapa yang menjadi penggerak atau inisiator kegiatan tersebut," ungkap Yusri.

"Motif dari ketiga orang tersebut hanya meneruskan posting-an yang didapat dari WhatsApp group ke WhatsApp group lainnya. Mereka tidak mengetahui secara detail terkait kegiatan tersebut," sambung Yusri.

Simak hasil pemeriksaan polisi terhadap ketiga tersangka di halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Penyekatan Mudik di Jembatan Cibeet Karawang Bikin Macet Panjang!

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2