Marak Terjadi Pelanggaran, Polisi Kaji Tiadakan Jalur Sepeda Permanen Sudirman

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 23:31 WIB
Komunitas sepeda road bike meminta dispensasi waktu tertentu untuk jenis road bike dapat menggunakan jalur kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin.
Jalur sepeda permanen Sudirman (Foto: Rifkianto Nugroho)

Lebih lanjut terkait masih maraknya pelanggaran di jalur sepeda, Fahri mengaku pihaknya telah melakukan serangkaian langkah mulai dari sosialisasi hingga tindakan represif kepada para pelanggar. Dia menyebut akan bekerja sama dengan Dishub untuk mengetatkan pengawasan jalur sepeda di jam-jam rawan kepadatan volume lalu lintas.

"Kalau masih ada pelanggaran, ya nanti kita lakukan penindakan. Termasuk juga kita imbau, tidak hanya pesepeda motor yang masuk jalur sepeda yang harus disosialisasikan, tetapi juga pesepeda yang tidak masuk jalur sepeda itu juga harus akan kita lakukan tindakan-tindakan dari preemtif, preventif, baru represif juga," tutur Fahri.

Seperti diketahui, pelanggaran lalu lintas berkaitan dengan keberadaan jalur sepeda kembali terjadi dan ramai diperbincangkan. Terbaru, sebuah video memuat belasan pemotor masuk jalur sepeda di kawasan Sudirman-Thamrin. Namun, para pemotor itu nampak panik mencoba keluar jalur sepeda tersebut usai direkam oleh salah satu pesepeda yang berada di lokasi.

Seorang pesepeda itu berada di sisi berlawanan dengan para pemotor. Pesepeda tersebut nampak berdiri merekam aksi pelanggaran lalu lintas dari pemotor tersebut.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar angkat suara perihal video viral tersebut. Menurutnya, pihaknya akan mencari identitas dari pemotor yang tertangkap kamera video viral tersebut.

"Nanti kita lihat kalau ada pelanggarannya identitas kita cari, nanti bisa kita tindak," pungkas Fahri.


(ygs/lir)