Warga Keturunan India Ini Berbagi Takjil Gratis Selama Ramadan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 21:44 WIB
Suasana pembagian takjil gratis
Foto: Suasana pembagian takjil gratis (ist)
Jakarta -

Sejumlah warga Jakarta turut berbagi takjil gratis selama bulan Ramadan. Toleransi dan kerukunan hidup dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika menjadi motivasinya.

Salah satu yang menggelar takjil gratis adalah WNI keturunan India beragama SIKH. Sudah empat tahun Karan Sukarno Walia membangun tradisi berbagi selama Ramadan bersama keluarga dan kelompoknya.

"Pembagian takjil untuk masyarakat, khususnya umat muslim ini, memang sudah kami wajibkan sebagai tradisi di tengah keluarga kami. Apalagi di bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan sosial ini ditingkatkan," ujar Karan Sukarno, Sabtu (8/5/202).

Dalam acara ramah tamah dengan pengguna jalan sore tadi, Karan didampingi istri tercinta, Lovely Walia dan anak-anaknya yakni Jaran Walia, Grace Walia dan Raoul Walia.

Suasana pembagian takjil gratisFoto: Suasana pembagian takjil gratis (ist)

Pembagian ratusan takjil ini dilakukan Karan Sukarno dan keluarga di depan rumah di Jalan Villa Danua Indah Raya, kawasan Sunter Indah, Jakarta Utara. Setiap pengendara sepeda motor maupun kendaraan lain yang melintas akan menerima hidangan berbuka puasa. Pembagian takjil tahun ini juga dengan penerapan protokol kesehatan.

"Kami membagi-bagikan takjil ini untuk menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kami lakukan ini juga untuk tetap merajut persaudaraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Karan Sukarno.

Menurutnya, pembagian takjil ini merupakan rezeki yang selalu disisihkan keluarganya. Tidak hanya untuk umat Islam, kegiatan sosial keluarga ini juga dilakukan untuk umat beragama lainnya.

"Kami melakukan ini untuk keluarga lainnya, meski bukan beragama Islam maupun India,supaya turut melakukan hal sama. Kegiatan sosial ini tidak akan mengurangi rezeki keluarga. Bahkan rezeki kita bakal bertambah besar untuk ke depannya," sebutnya.

Oleh karena itu, Karan Sukarno bersama keluarga mendorong warga negara Indonesia keturunan lainnya, supaya mau mengikuti kebiasaan tersebut. "Kepada umat Islam, kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa," ujar Karan Sukarno.

(hri/van)