3 Orang Sebar Seruan Demo Bikin Macet Tol, Apa Motivasi Mereka?

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 14:38 WIB
Poster
Iustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Tiga orang pria inisial ES (33), AA (34), dan BES (39) diamankan polisi setelah diketahui menyebarkan masif pesan hasutan demo untuk membuat macet jalan tol. Padahal saat ini adalah masa-masa larangan mudik Lebaran. Motivasi ketiganya menyebarkan pesan tersebut pun terungkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan ketiganya hanya iseng meneruskan pesan berantai tersebut. Ketiga pelaku bahkan tidak mengetahui detail isi aksi yang mereka sebarkan.

"Motif dari ketiga orang tersebut hanya meneruskan posting-an yang didapat dari WhatsApp group ke WhatsApp group lainnya. Mereka tidak mengetahui secara detail terkait kegiatan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (8/5/2021).

Yusri kemudian membeberkan masing-masing peran dari ketiga pelaku. Pelaku ES diketahui mengirimkan pesan ajakan membuat macet di tol ke enam grup WhatsApp berbeda.

Pelaku ES diketahui mengirimkan pesan itu mulai dari grup WhatsApp Travel Pantura Selatan, KDTI, Travel Lintas Provinsi, AJPI Nusantara 1, AJPI Korwil Jabodetabek, dan AJPI Nusantara 2.

"ES inilah yang mengirim pesan berisi ajakan berkumpul atau demonstrasi pelaku usaha transportasi untuk membuat kemacetan di tol," ungkap Yusri.

Kepada polisi, pelaku ES mengaku menyebarkan pesan tersebut setelah menerima pesan serupa dari pelaku AA. Yusri mengatakan pelaku AA menuliskan pesan provokatif itu di grup WhatsApp bernama Paguyuban Kresna.

Selanjutnya, ada empat grup WA yang menjadi tempat penetasan hasutan itu:

Simak juga 'Viral Tank TNI Halau Pemudik, Faktanya untuk Latihan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2