Modus Pemudik Bermotor Kelabui Petugas: Pakai Sandal Jepit-Tak Bawa Barang

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 13:23 WIB
Kapospam Sumber Arta, Ipda Bonin Suhanda (Rahmat Fathan-detikcom)
Foto: Kapospam Sumber Arta, Ipda Bonin Suhanda (Rahmat Fathan-detikcom)
Bekasi -

Penyekatan pemudik terus dilakukan di sejumlah tempat, salah satunya di Sumber Arta, Kota Bekasi. Puluhan pemudik dengan modus yang berbeda-beda diputar balikkan petugas.

Pantauan detikcom di pos pengamanan titik penyekatan Sumber Arta, Kota Bekasi, Sabtu (8/5/2021), tampak sejumlah petugas TNI-Polri hingga Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan penyekatan dan pembagian masker.

Kapospam Sumber Arta, Ipda Bonin, Suhanda mengatakan penyekatan dilakukan selama masa larangan mudik. Dia menyebut ada 22 kendaraan yang diputar balikkan petugas tadi malam.

Dia juga menyebut ada pemudik bersepeda motor yang pura-pura tak mudik. Mereka menggunakan modus berpakaian seadanya, seperti sandal jepit dan seolah tak membawa barang agar bisa lolos. Tapi, polisi tetap menyekat dan meminta mereka putar balik.

"Mereka yang terindikasi mau mudik ini, ada juga yang berpakaian itu seakan-akan nggak mudik. Mereka pakai sandal jepit, pakaian yang alakadarnya dan biasanya mereka menyimpan barang-barangnya itu dalam jok motor. Itu modus-modus yang sering dilakukan," ujar Bonin.

Bonin mengatakan pihaknya terus melakukan penyekatan terhadap kendaraan yang berasal dari luar daerah.

"Malam ini ada 22 kendaraan motor. Mobil juga tadi sudah kita balik kanankan tiga. Motornya juga ada tiga kita balik kanankan," ucap dia.

Dia menjelaskan, kendaraan-kendaraan yang diputarbalikkan itu sebagian besar hendak menuju daerah di Jawa Tengah. Dia meminta warga tak nekat mudik di tengah pandemi Corona.

"Sebagian besar ke Jogja, Tegal. Ke Tegal atau daerah-daerah Jawa lah. Kalau daerah Bandung belum," kata Bonin.

Simak juga 'Dikira Pemudik, Buruh Diciduk Polisi Ngumpet di Truk Pengangkut Motor':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)