Pemkab OKI Pertahankan Opini WTP 10 Tahun Berturut-turut

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 13:11 WIB
WTP
Foto: pemkab Oki
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumsel. Predikat WTP ini berhasil dipertahankan OKI selama 10 tahun berturut-turut sejak 2010.

Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar mengaku bersyukur karena Pemkab OKI mampu meraih opini WTP. Sebab penghargaan ini dinilai sebagai penghargaan tertinggi dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Dia pun mengapresiasi seluruh jajaran DPRD, Forkopimda dan Pemkab OKI yang turut terlibat dalam upaya perbaikan tata kelola pemerintah agar berjalan dengan baik.

"Semua upaya perbaikan serta rekomendasi BPK RI kita tindaklanjuti," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/5/2021).

Diungkapkan Iskandar, ke depan pihaknya akan terus berupaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa.

"Kami berharap pencapaian ini bisa menjadi penyemangat untuk bisa terus melakukan peningkatan, akuntabilitas keuangan di masa yang akan datang," jelasnya.

Dia juga memberikan apresiasi tinggi kepada jajaran BPK RI Perwakilan Sumsel atas kerja sama yang baik dan profesional dalam melakukan audit, meski di tengah keterbatasan karena pandemi Corona.

"BPK telah bekerja dengan baik sehingga menghasilkan hasil audit dan opini yang dapat dipertanggungjawabkan" tuturnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK RI Sumatera Selatan, Harry Purwaka menambahkan opini WTP yang diberikan BPK berdasarkan pertimbangan yang akurat menyangkut masalah pengelolaan keuangan daerah, kewajaran informasi, serta ketepatan waktu penyampaian laporan.

"Bagi daerah yang berhasil mendapat WTP berturut-turut tetap harus lakukan pembenahan agar kualitas pengelolaan keuangan daerah semakin baik," katanya.

Di sisi lain, capaian Pemkab OKI yang meraih penghargaan WTP untuk ke 10 kali turut diapresiasi oleh DPRD OKI. Menurut Ketua DPRD OKI, Abdiyanto opini yang diberikan BPK ini menunjukkan adanya perbaikan akuntabiltas keuangan, termasuk penyajian laporan yang baik. Dia pun berharap catatan dan rekomendasi BPK bisa segera ditindaklanjuti

"Suatu kebanggaan, Saya ketua DPRD atas nama lembaga dan masyarakat OKI tadi menerima LHP dengan predikat WTP secara berurutan 10 kali," ujar Abdiyanto.

Abdiyanto juga mengucapkan terima kasih kepada BPK RI perwakilan Sumsel serta Bupati OKI beserta jajarannya dan TAPD yang telah memproyeksikan kerjanya untuk masyarakat, sehingga berhasil meraih opini WTP.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa Pemkab OKI," tutupnya.

(mul/mpr)