349 Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Sumut, Terbanyak Mau ke Aceh-Riau

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 12:21 WIB
Polisi putar balik kendaraan dari Sumut yang hendak mudik ke luar provinsi (dok. Polda Sumut)
Polisi memutar balik kendaraan dari Sumut yang hendak mudik ke luar provinsi. (Foto: dok. Polda Sumut)
Medan -

Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar Operasi Ketupat Toba saat larangan mudik menjelang Idul Fitri atau Lebaran 2021. Ada 349 kendaraan yang diputar balik pada hari kedua larangan mudik.

"Hari kedua pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021 dan penjagaan secara ketat terus diberlakukan pada tiap area perbatasan wilayah Sumut. Sebanyak 349 kendaraan diputarbalikkan. Kendaraan-kendaraan tersebut yang hendak melewati penyekatan perbatasan wilayah untuk melaksanakan mudik Lebaran," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi kepada wartawan, Sabtu (8/5/2021).

Hadi mengatakan 349 kendaraan itu terdiri atas 81 sepeda motor, mobil penumpang 187 unit, bus 59 unit, mobil barang 13 unit, dan kendaraan khusus 9 unit.

Kendaraan pemudik itu mayoritas menuju Aceh dan Riau. Sumut memiliki perbatasan langsung dengan tiga provinsi, yakni Aceh di bagian utara dan Riau serta Sumatera Barat di sisi selatan.

"(Terbanyak) Langkat menuju Aceh dan Labuhanbatu menuju Riau," ucap Hadi.

Sebelumnya, Polda Sumut telah mendirikan 73 pos penyekatan untuk menghalangi warga melakukan mudik. Penyekatan itu dilakukan di jalur perjalanan darat, laut, dan udara yang ada di Sumut.

"Ada 73 lokasi penyekatan di wilayah Sumut. Di antara 73 itu, di dalamnya ada 13 pelabuhan, bandara, stasiun, kemudian ada 9 titik penyekatan antarprovinsi. Perbatasan dengan Riau, Sumbar, Aceh, itu ada 9 titik," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (4/5).

(haf/haf)