TNI AL Selamatkan WNA yang Terapung di Laut Natuna Utara

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 11:20 WIB
Personel KRI John Lie selamatkan WNA yang terapung-apung di lautan Natuna Utara. (Dok TNI AL)
Personel KRI John Lie selamatkan WNA yang terapung-apung di lautan Natuna Utara. (Dok TNI AL)
Jakarta -

TNI AL menyelamatkan seorang Warga Negara Asing (WNA) yang jatuh dari kapal dan terapung-apung di lautan. Kondisi WNA itu sudah mengalami hipotermia.

Dinas Penerangan Koarmada I menyampaikan lewat keterangan pers tertulisnya, Sabtu (8/5/2021).

Kapal yang menyelamatkan WNA itu adalah KRI John Lie-358. Adapun WNA yang terapung-apung di lautan itu berasal dari MT St Katherinen berbedera Singapura.

Personel KRI John Lie selamatkan WNA yang terapung-apung di lautan Natuna Utara. (Dok TNI AL)Personel KRI John Lie selamatkan WNA yang terapung-apung di lautan Natuna Utara. (Dok TNI AL)

Kapal MT St Katherinen tengah menempuh perjalanan dari Rusia ke Malaysia. Kapal itu memancarkan sinyal 'mayday...mayday...mayday' sebagai permintaan akan bantuan. Kapal MT St Katherinen mengabarkan ada salah satu anak buah kapalnya yang tercebur ke laut atau Man over board (MOB). Peristiwa ini terjadi pada Jumat (7/5) sekitar pukul 00.15 WIB dini hari.

KRI John Lie-358 yang sedang melaksanakan patroli kedaulatan di laut Natuna Utara menerima signal 'distress' langsung melaksanakan pengeplotan dan segera menuju lokasi yang dimaksud. Dalam waktu dua jam KRI John Lie-358 tiba dilokasi, selanjutnya melaksanakan prosedur pencarian dan pertolongan (SAR) dengan metode Rectangular Search Pattern.

Metode pencarian dan informasi tambahan yang diperoleh dari sebuah kapal yang melintas membuahkan hasil, sekitar pukul 08.15 WIB KRI John Lie-358 berhasil menemukan korban terombang-ambing oleh gelombang.

Selanjutnya, korban diselamatkan:

Simak juga 'Kabur Usai Tepergok Kapal Patroli KKP, 2 Kapal Vietnam Dilumpuhkan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2