Top 5 News

Aturan Halalbihalal Idul Fitri saat Pandemi hingga Mudik Lokal Dilarang

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 19:54 WIB
top5newsyamaha
Foto: detikcom
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menginstruksikan kepada para Gubernur untuk melarang kegiatan halalbihalal di hari raya Idul Fitri tahun ini. Larangan berlaku untuk pejabat pemerintahan dan para aparatur sipil negara (ASN).

Sementara itu, larangan mudik lokal di wilayah aglomerasi mulai resmi diterapkan usai banyak masyarakat kebingungan dengan aturan itu. Satgas COVID-19 memberlakukan larangan sebagai upaya pencegahan infeksi COVID-19.

Selain dua informasi di atas, ada beberapa berita hangat lainnya. Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (7/5/2021)

1. Aturan Halal Bihalal

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menginstruksikan kepada para Gubernur untuk melarang kegiatan halalbihalal hari raya Idul Fitri tahun ini. Larangan berlaku untuk pejabat pemerintahan dan para aparatur sipil negara (ASN).

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 450/2769/SJ tanggal 3 Mei 2021 dengan tujuan mencegah penyebaran COVID-19. Hal itu dilakukan setelah berkaca dari perayaan lebaran dan libur Natal tahun lalu yang mengalami peningkatan penyebaran COVID-19.

Artikel Selengkapnya: Aturan Halal Bihalal

2. Mudik Lokal Dilarang

Larangan mudik lokal di wilayah aglomerasi mulai resmi diterapkan usai banyak masyarakat kebingungan dengan aturan itu. Satgas COVID-19 memberlakukan larangan sebagai upaya pencegahan infeksi COVID-19.

"Untuk memecah kebingungan masyarakat terkait mudik lokal di wilayah aglomerasi saya tegaskan bahwa pemerintah melarang apapun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi, dengan urgensi mencegah dengan maksimal interaksi fisik sebagai cara transmisi virus dari satu orang ke orang lain," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito.

Artikel Selengkapnya: Daftar Wilayah Aglomerasi

3. Kata Demokrat soal Nostalgia AHY-Anies

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berkunjung ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Partai Demokrat menyebut pertemuan keduanya masih dalam rangkaian safari Ramadhan AHY.

Hal tersebut diungkap oleh Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Dia menyebut pertemuan dengan Anies pada Kamis (6/5) kemarin sama seperti pertemuan AHY dengan gubernur-gubernur provinsi lainnya.

Artikel Selengkapnya: AHY-Anies Buka Peluang Duet di 2024?

4. Polisi Pantau Aktivitas Jenderal Kekaisaran Sunda

Pihak kepolisian belum mengambil langkah hukum terhadap Rusdi Karepesina (55) soal Kekaisaran Sunda Nusantara. Sejauh ini polisi masih akan memantau aktivitas Rusdi Karepesina.

Rusdi Karepesina diketahui tinggal di daerah Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Polsek Duren Sawit sudah mencoba menemui Rusdi di rumahnya pada Kamis (6/5) kemarin, setelah ramai isu Kekaisaran Sunda Nusantara.

Artikel Selengkapnya: Aktivitas Kekaisaran Sunda Dipantau

5. Jokowi Resmikan PSEL di Surabaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) di tempat pembuangan akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, Jawa Timur. PSEL TPA Benowo dapat menghasilkan listrik 11 megawatt.

Diketahui, Surabaya menjadi kota pertama, dari 7 kota yang berhasil membuat PSEL. Jokowi mengatakan banyak pemda yang belum berani mengeksekusi PSEL. Sehingga, ia memberikan acungan jempol kepada Surabaya.

Artikel Selengkapnya: Jokowi Resmikan PSEL di Surabaya

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)