Demo di Depan Rumah Gubsu Ricuh, Satpol PP Pukul Wartawan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 17:23 WIB
Ricuh demo di depan rumah dinas Gubsu Edy
Kericuhan saat demonstrasi (Foto: Ahmad Arfah Fansuri Lubis-detikcom)
Medan -

Petugas Satpol PP yang bertugas mengamankan demonstrasi di depan rumah dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memukul wartawan detikcom bernama Ahmad Arfah Fansuri Lubis. Arfah dipukul saat sedang melakukan tugas jurnalistik.

Kericuhan terjadi di depan rumdin Edy, Medan, Jumat (7/5/2021), mulai pukul 16.40 WIB. Arfah kemudian merekam kericuhan yang terjadi tersebut.

Terlihat ada petugas Satpol PP yang menarik pedemo ke dalam area rumah dinas Edy. Tiba-tiba ada seseorang dari bagian protokoler Gubsu menghalangi Arfah merekam video.

Setelah itu, Arfah dipukul oleh seorang petugas Satpol PP pada kepala bagian belakang. Petugas tersebut tiba-tiba memukul saat Arfah sedang melakukan peliputan.

"Aku videokan bagian protokol, kamera dihalangi, disuruh mundur, ada yang pukul dari belakang. Kena pukul kepala bagian belakang," ujar Arfah.

Menghalangi peliputan merupakan bagian dari pelanggaran UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Setiap orang yang menghalangi kemerdekaan pers dalam mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi terancam pidana paling lama 2 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 500 juta.

Berikut pasal yang mengatur hal tersebut:

Pasal 18

(1) Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

Sementara itu pasal 4 ayat 2 dan 3 adalah:

(2) Terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran.

(3) Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Demonstrasi yang ricuh itu sendiri terkait kenaikan harga BBM di Sumut. Harga yang naik terjadi pada BBM nonsubsidi.

Simak juga 'Pedagang Geruduk Kantor Satpol PP Cianjur: Bentrok Terjadi, Kaca Pecah':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/tor)