Satpol PP Awasi Pedagang Tanah Abang Cegah Buka Lapak di Trotoar

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 15:48 WIB
Suasana trotoar kawasan Pasar Tanah Abang
Ilustrasi Trotoar Pasar Tanah Abang, Kamis (6/5) (Tim detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, menggelar lapak di atas trotoar ketika tidak dijaga petugas Satpol PP. Menyikapi hal ini, Pemprov DKI Jakarta akan menempatkan personel di titik tersebut.

"Nanti kita akan memberikan penugasan dalam bentuk stay di situ, tidak mobile," kata Kasatpol PP DKI Arifin di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (7/5/2021).

Afirin menjelaskan, selama ini 500 personel gabungan ditempatkan di sejumlah titik, mereka tersebar di seluruh kawasan Pasar Tanah Abang. Personel gabungan memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 berjalan baik.

"Jadi satu kawasan itu memang anggota satpol PP dibantu oleh unsur TNI lumayan banyak memastikan di stasiun, kegiatan di pasar itu betul-betul itu protokol kesehatan benar-benar terjaga," jelasnya.

"Sekarang ini lebih dari 500 orang petugas gabungan yang kita libatkan dari lima wilayah kota. Kita PKO-kan dari Timur, Utara, pusat, selatan, kita pusatkan di Tanah Abang, dengan harapan kegiatan ekonominya tetap jalan tetapi protokol kesehatan tetap harus dipatuhi," sambungnya.

Anggota TNI nantinya akan bersama Satpol PP berjaga di sekitar Pasar Tanah Abang hingga 9 Mei 2021. Mereka akan melakukan pengawasan dan patroli di sekitar Tanah Abang.

Sebelumnya diberitakan, pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali menggelar lapak di trotoar pada sore hari. Saat itu petugas tidak terlihat di lokasi.

Pantauan pukul 16.00 WIB di lokasi, Kamis (6/5), tampak sejumlah pedagang menggelar barang dagangannya di sepanjang trotoar di Jalan Kebon Jati. Para pedagang sibuk menyiapkan dagangannya di trotoar setelah petugas meninggalkan lokasi.

(zap/zap)