Live! e-Life: 'Hati-hati Silaturahmi Toxic Saat Lebaran'

dtv - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 06:32 WIB
Jakarta -

Hari raya Lebaran atau Idul Fitri segera tiba. Saatnya umat Islam di seluruh dunia merayakan kemenangan setelah satu bulan menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Salah satu budaya di Indonesia saat berlebaran adalah berkunjung ke rumah keluarga atau tetangga. Di saat pendemi seperti sekarang ini mungkin silaturahmi juga bisa dilakukan dengan cara online, terutama bagi mereka yang tidak mudik.

Terdapat hal yang tidak bisa dihindari saat bercengkrama dengan keluarga, yaitu obrolan kecil atau basa-basi. Kegiatan ini wajar terjadi karena intensitas bertemu keluarga yang jarang, sehingga cenderung sulit untuk mencari topik obrolan.

Sayangnya, saat berbasa-basi seringkali terlontar pertanyaan-pertanyaan dari anggota keluarga yang menyentuh ranah privat. Misalnya, "Kapan nikah?" atau "Kapan lulus kuliah?". Tentu ini bisa membuat suasana kumpul keluarga yang harusnya seru, jadi kurang menyenangkan.

Lalu, bagaimana cara menyikapi basa-basi saat kumpul keluarga? Topik apa yang bisa menjadi pembuka obrolan kumpul keluarga tanpa mengganggu privasi? Untuk itu, kali ini e-Life akan mengangkat tema "Hati-hati Silaturahmi Toxic Saat Lebaran" bersama Psikolog Klinis, Dessy Ilsanty.

Jangan lewatkan tayangannya hanya di detikcom, Jumat (7/5/2021), pukul 16.30 WIB. Bagi kamu yang hendak bertanya langsung juga bisa dilakukan via Zoom yang id dan passwordnya akan dishare saat tayangan berlangsung.

(gah/gah)