Ganjar Capres Favorit di Survei, PDIP Tunggu Sinyal Megawati

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 13:57 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng).
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi calon presiden (capres) terfavorit versi survei Lembaga, Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES). Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto menegaskan belum ada keputusan untuk Pilpres 2024.

"Itu kan baru hari ini, loh masih panjang. Ganjar dulu nggak ditimbang, hampir itu 72 persen. Semua bisa kalah. Jadi gerakan pertempuran tidak hanya pertarungan udara, sementara yang lain belum bertempur. Siapa yang minta bertempur? Bu Mega belum kasih sinyal. Coba yang dikasih sinyal hei itu Pacul, sebagai ketua pemenangan pemilu, kau racing itu si bagong. Langsung gua gas. Pasukan kita ada di seluruh republik," kata Bambang, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Bambang mengatakan survei itu bersifat dinamis dan masih terlalu dini. Sehingga menurutnya tidak menjadi tolok ukur untuk menjadi pertimbangan.

"Survei adalah potret, situasi potret keadaan pada satu kurun waktu tertentu, survei bersifat dinamis. Dikau bertanya Pak Ganjar Pranowo pada bulan Februari April survei Ganjar Pranowo 2013. Ketika di Jateng hanya 3 persen tetapi ketika pertempuran dimulai maka pada 26 Mei Ganjar Pranowo di angka 48,82 persen memenangkan pertempuran pilgub di Jawa Tengah," ujarnya.

"Jadi kapan survei itu harus dilaksanakan, ada waktu. Seorang komandan tempur lapangan pasti paham kapan pergerakan dimulai," lanjutnya.

Sebelumnya, LP3ES melakukan survei capres pada Pilpres 2024. Ganjar Pranowo menjadi capres urutan ketiga terfavorit.

Survei LP3ES dilakukan pada 8-15 April 2021 dengan jumlah sampel mencapai 1.200 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka dengan margin of error 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diselenggarakan hari ini, siapakah calon presiden yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih?'. Berikut 8 posisi teratas:

Prabowo Subianto: 16,4%
Anies Baswedan: 12,8%
Ganjar Pranowo: 9,6%
Agus Harimurti Yudhoyono: 8,8%
Ridwan Kamil: 7,5%
Sandiaga Uno: 6,2%
Tri Rismaharini: 4,3%
Gatot Nurmantyo: 1,8%

(eva/gbr)