Arti Barakallah Fii Umrik, Ucapan Doa Ulang Tahun dalam Islam

Kristina - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 13:48 WIB
ulang tahun
Foto: Getty Images/Alex Liew
Jakarta -

Ulang tahun adalah momen yang berharga bagi kebanyakan orang. Memberikan ucapan di hari ulang tahun merupakan salah satu bentuk kepedulian dan bisa mempererat silaturahmi.

Dalam Islam, memberikan ucapan untuk mendoakan saudaranya yang ulang tahun itu diperbolehkan, termasuk merayakannya. Dengan catatan tidak ada maksud tertentu yang melanggar ketentuan agama. Pada hakikatnya ungkapan doa ulang tahun adalah ungkapan syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Maryam ayat 33 sebagai berikut:

وَٱلسَّلَٰمُ عَلَىَّ يَوْمَ وُلِدتُّ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا

Artinya: "Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali."

Ada banyak ucapan ulang tahun yang bisa diberikan kepada teman atau kerabat sesama muslim. Salah satu ucapan yang populer adalah Barakallah fii umrik. Ternyata ucapan ini mengandung arti yang mendalam.

Dikutip dari berbagai sumber, Barakallah fii umrik merupakan ucapan yang ditujukan untuk mendoakan keberkahan atas bertambahnya usia. Biasanya ucapan ini disertai dengan doa dan harapan-harapan lain setelahnya.

Kalimat Barakallah fii umrik sendiri berasal dari bahasa Arab. Beberapa pendapat memaknainya sebagai doa yang baik untuk dikatakan oleh sesama Muslim.

بارك الله في عمرك

Arab-latin: Barakallah fii umrik
Artinya: "Semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu."

Sudah menjadi kewajiban bagi sesama Muslim untuk saling mendoakan. Maka, ketika mendapatkan ucapan Barakallah fii umrik, bisa membalasnya dengan mengucapkan "wa fiika barakallah' jika untuk laki-laki atau "wa fiiki barakallah" untuk perempuan.

Waa fiika barakallah dan wa fiiki barakallah memiliki arti yang sama, yaitu semoga Allah juga memberkahimu.

Ucapan selamat juga pernah disampaikan sahabat nabi SAW saat mendapat kabar gembira bahwa Allah SWT telah menerima taubatnya. Sementara itu, datangnya hari ulang tahun merupakan salah satu kabar gembira karena masih diberikan kehidupan sampai umur tersebut. Atas dasar itu, memberikan ucapan selamat kepada sesama Muslim diperbolehkan.

Itulah arti Barakallah fii umrik yang menjadi salah satu ucapan ulang tahun untuk sesama muslim.

(nwy/nwy)