Larangan Mudik, 4 Stasiun Kereta di Banten Ditutup Sementara 6-17 Mei

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 18:18 WIB
Jakarta -

KAI Commuter memutuskan menutup sementara empat stasiun di Banten selama masa larangan mudik Lebaran 2021. Mulai besok hingga 17 Mei, empat stasiun di Banten ini tak melayani naik-turun penumpang.

Empat stasiun yang dimaksud adalah Stasiun Cikoya, Maja, Citeras, dan Rangkasbitung. Operation and Commercial Director KAI Commuter Wawan Ariyanto menerangkan penutupan stasiun tersebut berdasarkan permintaan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

"Menanggapi dari Bupati Lebak tadi, memang kita menjawab surat dari Bupati Lebak. Terus kita rapatkan tadi siang dengan Kemenhub maupun kita. Kita putuskan untuk empat stasiun tersebut tidak melayani naik-turun penumpang. Jadi itu memang permintaan bupati setempat," ujar Wawan kepada wartawan di Stasiun Kota, Jakarta Barat, Rabu (5/5/2021).

Kemudian VP Corporate Secretary PT KCI Anne Purba menambahkan pemerintah daerah sudah punya program lain untuk menangani hal tersebut.

"Mengenai bagaimana masyarakat lakukan mobilisasi, mungkin nanti lebih tepatnya ke pemerintah daerahnya. Jadi kita di sini memang mengikuti anjuran atau mengikuti peraturan pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat," kata Anne.

Selain itu, ada aturan untuk KA lokal Merak tidak beroperasi sementara pada 6-17 Mei 2021. Bagi calon penumpang yang sudah telanjur membeli tiket pada tanggal tersebut, KAI Commuter menyediakan layanan pembatalan tiket.

Nantinya pengembalian biaya tersebut akan diberikan 100 persen kepada calon penumpang. KA lokal Merak berhenti beroperasi dikarenakan bukan termasuk dalam transportasi wilayah aglomerasi yang diizinkan pemerintah.

Sementara itu, pada masa angkutan Lebaran 2021, layanan KRL Yogyakarta-Solo dan KA Lokal Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Yogyakarta-Kutoarjo PP beroperasi setiap harinya dengan penyesuaian jadwal sejak 6 Mei 2020. Untuk operasional KRL Yogya-Solo KAI Commuter menjalankan 20 perjalanan per harinya. Sementara itu, layanan KA lokal Prameks tetap beroperasi dengan delapan perjalanan setiap harinya.

Seperti dilihat situs resmi Kabupaten Lebak, Bupati Lebak Iti Octavia sebelumnya melayangkan surat permohonan kepada Kementerian Perhubungan dan pihak Kereta Api melalui Satgas COVID-19 di tingkat pusat agar menutup stasiun kereta api Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, Banten. Hal itu menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat dalam menekan penyebaran COVID-19.

(idn/idn)