Hanya Ada 12 Wisatawan Asing ke Riau Selama Maret 2021

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 13:47 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono-detikcom)
Pekanbaru -

BPS Riau mencatat hanya ada 12 orang wisatawan asing yang masuk ke Riau selama Maret 2021. Jumlah ini disebut naik jika dibanding bulan sebelumnya.

"Pada bulan Maret 2021, dari empat pintu masuk Riau tercatat ada 12 orang wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Provinsi Riau yaitu melalui Bandara SSK II sebanyak delapan wisman dan dari pelabuhan Dumai sebanyak empat wisman," kata Kepala BPS Riau, Misfaruddin, Rabu (5/5/2021).

Pandemi COVID-19 dinilai menjadi faktor utama yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau. Dia menyebut hanya ada 3 wisman yang masuk ke Riau selama Februari 2021.

"Bulan sebelumnya, hanya ada tiga kunjungan wisman yang datang ke Riau. Sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 300 persen pada bulan Maret 2021," katanya.

12 wisman yang masuk ke Riau selama Maret 2021 itu terdiri dari dua orang WN Malaysia, dua orang WN Singapura, satu orang WN China, satu orang WN India, tiga orang WN Filipina. Ada pula tiga wisman yang tak tercatat asal usul negaranya.

Kepala Devisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkum HAM Riau, Tito Andrianto, mengatakan pihaknya masih menutup tempat pemeriksaan Imigrasi sejak Maret 2020. Dia mengatakan akan mengecek bagaimana para wisatawan asing itu bisa masuk ke Riau.

"Sejak Maret 2020 sampai saai ini belum ada kita buka TPI. Kami pastikan TPI Pekanbaru dan TPI Dumai kami tidak ada melayani Wisman yangg masuk ke Riau," kata Tito.

"Saya pastikan tidak ada wisman masuk. Makanya nanti kita pastikan lagi data itu," sambungnya.

Tonton juga Video: Situasi Pantai Pangandaran yang Dipadati Wisatawan

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)