Habib Rizieq Dipanggil 'Abuya' di Rutan Bareskrim, Apa Alasannya?

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 13:28 WIB
Habib Rizieq
Habib Rizieq Shihab (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Habib Rizieq Shihab (HRS) ternyata punya panggilan 'abuya' dari penghuni rutan Bareskrim Polri. Kuasa hukum HRS, Aziz Yanuar, mengungkap alasan di balik sebutan tersebut.

"Abuya itu kan untuk orang alim, orang-orang saleh. Mereka menganggap di mata mereka Habib (Rizieq) orang saleh makanya dipanggil itu," jelas Aziz di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Rabu (5/5/2021).

Aziz menyebut para tahanan rutan menganggap Habib Rizieq sebagai orang alim dalam hal agama. Itulah sebabnya, lanjut Aziz, Rizieq mendapat panggilan 'abuya'.

Selain itu, Aziz menyebut ada acara Nuzululquran di dalam rutan untuk memeriahkan bulan Ramadhan. Dalam kesempatan itulah, sebut Aziz, para tahanan memohon izin untuk memanggil Habib Rizieq dengan sebutan 'abuya'.

"Itu kan biasa ada acara keagamaan, salat, ada sedikit ngaji, itu memperingati Nuzululquran. Bukan acara yang heboh karena rutan Mabes Polri ada aturannya," ujar Aziz.

"Iya (panggilan itu akhirnya muncul), biasa itu," tambahnya terkait awal panggilan 'abuya'.

Habib Rizieq Shihab saat ini ditahan di rutan Mabes Polri bersama lima tersangka lain. Kelima tersangka itu adalah Ahmad Shabri Lubis, Haris Ubaidillah, Habib Ali Alwi Alatas, Habib Idrus Alhabsy, Maman Suryadi, dan Habib Hanif Alatas.

Rizieq disidang dalam tiga kasus berbeda, yakni perkara kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, kerumunan di Megamendung, Kabupaten Bogor, dan kasus hasil swab test di RS Ummi.

(run/dhn)