Berita Papua Hari Ini: SD Dibakar, Teroris KKB Dikejar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 10:24 WIB
Teroris KKB merusak gedung SD-puskesmas hingga jalan di Papua.
Berita Papua Hari Ini: Teroris KKB merusak gedung SD-jalan di Papua (Dok Polda Papua)
Jakarta -

Berita Papua hari ini menjadi sorotan usai polisi menyebut kelompok kriminal bersenjata (KKB) kini bergerak meninggalkan Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Tindakan tegas dilakukan usai terjadinya aksi pembakaran fasilitas umum di Distrik Ilaga Utara oleh KKB beberapa waktu lalu.

Menko Polhukam Mahfud Md sebelumnya menyatakan KKB sebagai teroris usai terjadinya sederet penyerangan di Papua kepada masyarakat sipil dan TNI-Polri. Pemerintah bersama jajarannya kini terus mendorong mundur KKB dari Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Lantas apa saja berita Papua hari ini? berikut ulasannya:

SD-Puskesmas Dibakar

Berita Papua hari ini datang dari terjadinya pembakaran sejumlah fasilitas umum di Distrik Ilaga, Papua. Gedung sekolah dasar (SD), puskemas, hingga akses jalan menjadi sasaran teroris KKB.

Ada 5 ruang kelas gedung SD Mayubwri, rumah dinas guru, gedung puskesmas lama yang dibakar oleh teroris KKB pada Senin (3/5).

"Fasilitas jalan yang di rusak sebagai berikut, Jembatan Kimak, Jalan Tagaloa, Jalan Wuloni pintu angin," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Selasa (4/5/2021).

Aksi teroris KKB juga dibantu oleh banyak simpatisan pendukung KKB. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok dan melakukan perusakan.

Teroris KKB Mundur dari Ilaga, Papua

Berita Papua hari ini juga berkaitan dengan mundurnya teroris KKB meninggalkan distrik Ilaga usai aparat TNI-Polri mengejar mereka. Diketahui usai terjadi pembakaran dan perusakan fasilitas umum, Kapolda Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menegaskan aparat TNI dan Polri akan terus memburu dan menegakkan hukum terhadap teroris KBB.

"Benar, KKB yang mundur ke arah utara sambil membakar gedung sekolah," kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal Al Qudussy dalam keterangan tertulis, Selasa (4/54/2021).

Kondisi di wilayah tengah Ilaga dan bandara juga kini sudah bisa dikendalikan aparat keamanan.

Menurut keterangan warga sekitar, pelaku pembakaran SD, rumah guru dan puskesmas adalah kelompok yang juga melakukan penembakan tukang ojek dan pelajar yang juga terjadi di Ilaga.

Internet Papua Mati

Internet Papua mati juga menjadi berita Papua hari ini. Diketahui akses internet terputus selama beberapa hari sehingga masyarakat Papua tidak dapat melakukan aktivitas belajar maupun bekerja secara online.

Menurut kesaksian salah satu warga, Hari Suroto, internet Papua mati sejak Jumat (30/4) lalu sekitar pukul 22.00 WIT. Kini masyarakat hanya mengandalkan telepon dan SMS untuk berkomunikasi.

Akses internet yang ngadat ini berdampak parah terhadap aktivitas belajar dan bekerja online yang masih dijalankan sejak pandemi Covid-19. Selain itu, sejumlah SPBU juga tidak dapat beroperasi lantaran menggunakan koneksi internet.

Meski internet Papua mati, sejumlah layanan ATM dan Bandara masih tetap beroperasi normal.

Pihak Telkom angkat suara terkait internet Papua yang mati selama lima hari terakhir. Internet Papua mati akibat putusnya kabel bawah laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak - Sarmi.

Hingga saat ini, Telkom masih berfokus mempercepat proses pemulihan layanan Telkom Group di Jayapura yang terdampak akibat putusnya Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) SMPCS tersebut.

"Proses perbaikan tersebut dilakukan melalui pemanfaatan jaringan Palapa Ring Timur, pemanfaatan link-link Satelit dan penggunaan Radio IP terrestrial," ujar Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono seperti dalam keterangan resminya, Selasa (4/5/2021).

Pujo mengungkapkan terputusnya kabel laut fiber optic diduga akibat faktor alam karena terdapat di kedalaman 4.050 meter. Identifikasi akan dilakukan usai kabel diangkat dari laut.

Ditargetkan perbaikan SMPCS akan selesai di minggu pertama Juni 2021 karena memerlukan proses penyambungan kabel dengan kapal khusus.

Lihat juga Video: Polri Libatkan Densus 88 untuk Tumpas KKB Papua

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)